Solusi gagal daftar akun emis madin tpq ponpes

Posted on

Gagal daftar akun emis, permasalahan dan beberapa trick mengatasinya,
Saat ini para pengelola lembaga pendidikan keagamaan Islam yang berada di bawah PD Pontren sedang nedeng-nedengnya (bersusah payah) melakukan entry data baik lembaga, PTK atau guru ustadzah dan santri.

pusing mikir gagal daftar akun emis
pusing mikir gagal daftar akun emis

Adapun lembaga yang berada di bawah PD Pontren adalah

  • LPQ (Lembaga Pendidikan Quran, yang terdiri dari Taman Kanak-kanak Alquran (TKQ), Taman Pendidikan Alquran (TPQ) dan Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA)
  • Madrasah Diniyah Takmiliyah, yang terdiri dari Awwaliyah, Wustha dan Ulya
  • Pondok Pesantren, yang terbagi menjadi Ponpes Umum, Pontren Wajar Dikdas, Muadalah dan Pendidikan Diniyah Formal (PDF)

Jangankan melakukan entry data lembaga atau guru bahkan kepada santri. Untuk mendaftarkan akun sebagai operator pun tidak semudah menghabiskan hasil mayoran, atau cukup ngendong di kamar teman sebelah.
Untuk mencoba melakukan pendaftaran, anda bisa melihat cara dan langkahnya pada tulisan cara mendaftar operator EMIS

Saya pribadi pengalaman telah mendaftarkan beberapa akun lembaga yang terdiri dari TPQ, dan Pondok Pesantren, kurang lebih sebanyak 5 lembaga yang saya daftarkan akun sebagai operator EMIS. Dan kesemuanya sukses di aktivasi oleh kemenag Kabupaten.
Apabila anda sudah mencoba, dan ternyata anda tidak berhasil, ada beberapa hal yang mungkin membuat pendaftaran menjadi gagal.

Kesalahan umum Penyebab gagal daftar akun EMIS

Dengan asumsi bahwa operator sudah memiliki Tidak selamanya mendaftarkan akun EMIS langsung bisa dipergunakan, ada beberapa hal yang membuat gagal daftar atau disangka gagal oleh pendaftar atau operator. Diantaranya adalah :

Tidak selesai melakukan pendaftaran

Bagi para operator yang mendaftarkan akun. Bisa jadi tidak sampai selesai dalam mengisi kolom pendaftaran. Sehingga pendaftaran tidak bisa di rekam oleh sistem untuk diaktifkan operator kabupaten
Solusi. Selesaikanlah pendaftaran yang anda lakukan. Isi semua form yang wajib diisi. Upload file yang diminta.

Tidak memiliki file pdf dibawah 200 kb

Pada saat pendaftaran, operator di haruskan melakukan upload sk operator atau surat tugas yang berbentuk PDF maksimal berukuran 200 kb. Hal ini berakibat tidak selesai pendaftaran dan menyebabkan gagal mendaftar operator
Solusi. Sebelum mendaftar, buatlah sk atau surat tugas, kemudian scan memakai print atau handphone menjadi file berbentuk PDF dan pastikan ukurannya tidak lebih dari 200 kb. Setelah itu baru lakukan pendaftaran online. (ini rahasia ya, anda kasih file asal pdf, entah itu gambar desi ratnasari atau siapa selama berbentuk pdf, dan proses pendaftaran anda benar akan tetep masuk koq. Nanti kalau sudah di aktifkan anda tinggal mengganti dengan file pdf surat tugas atau SK penunjukan operator emis yang benar).

Akun sudah masuk tapi belum diaktifkan oleh operator kabupaten

staf PD Pontren (ilustrasi)
staf PD Pontren (ilustrasi)

Ada beberapa kasus dimana operator sudah benar dalam langkah pendaftaran dan sudah masuk ke dalam sistem. Akan tetapi kabupaten belum membuka aplikasi emis sehingga akun pendaftar yang baru belum di aktivasi.
Solusi. Sms atau wa operator kabupaten untuk mengingatkan aktivasi akun emis lembaga

Nomor statistik yang di daftarkan operator berbeda dengan catatan pada sistem emis

Pada kolom pendaftaran, terdapat kolom nomor statistik lembaga. Ada beberapa kasus dimana operator memasukkan nomor statistik. Untuk ponpes biasa di sebut NSPP, untuk madin biasa disingkat NSDT, dan untuk LPQ entah disingkat apa namanya. Atau anda memasukkan nomor statistik madin akan tetapi anda mendaftarkan diri sebagai operator TPQ.
Dengan kesalahan memasukkan nomor statistik berakibat tidak bisa log in atau malah masuk ke lembaga yang lain.

Solusi. Pastikan nomor statistik lembaga anda sama dengan catatan kementerian agama di EMIS, anda bisa bertanya kepada operator emis supaya di check berapa nomor statistik pada situs emis (kalau lembaga di kabupaten tersebut berjumlah ribuan, kasian juga operator kabupaten). Selain itu cermat dalam klik memilih kategori akses dan hak akses

Salah Memilih kolom pada kategori akses dan hak akses

Pada kolom pendaftaran, terdapat pilihan hak akses. Pastikan anda tidak salah melakukan pemilihan. Jika anda pengelola lembaga (semisal madin, TPQ atau Pondok pesantren). Pilihlah Lembaga Pendidikan/PTK/Pengawas. Jangan memilih kementerian lain, kantor kemenag kabupaten/kota atau bahkan kemenag pusat.

kategori akses emis
kategori akses emis

Setelah anda memastikan memilih kolom lembaga pendidikan/PTK/Pengawas. Langkah selanjutnya adalah memastikan pemilihan hak akses yang benar. Kalau anda pengelola TPQ, silakan memilih LPQ. Kalau anda pengasuh Pondok pesantren, pilih pondok pesantren. Jika anda ingin menjadi operator madrasah diniyah takmiliyah, silakan dipilih madin.

hak akses emis
hak akses emis

Solusi. Hati hati dalam memilih kategori akses dan hak akses. Pastikan pendaftaran akun anda sesuai dengan lembaga yang anda miliki

Koneksi internet kurang kuat

Pada beberapa kejadian, dalam mendaftarkan akun emis tidak didukung koneksi internet yang mumpuni, sehingga tidak lancar dalam pendaftaran. Hal ini pernah saya alami akan tetapi bukan pada mendaftarkan akun EMIS, akan tetapi akun untuk monetize.
Solusi. Cari wifi atau koneksi internet yang kuat dan stabil

Server EMIS sedang down

Beberapa kasus ketika sedang membuka internet, sering terjadi down server atau sedang dalam perbaikan. Hal ini menjadikan pendaftaran terganggu.
Solusi, ditunggu sambil ngopi

Begitulah beberapa kemungkinan hal yang membuat gagal dalam mendaftarkan akun EMIS lembaga baik TPQ, Madin ataupun Pondok Pesantren. Jika ada pengalaman yang lain, bisa di share di kolom komentar.

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar