Bus patas sugeng rahayu golden star Pengalaman berkendara

Posted on

Pengalaman menaiki jet bis Patas Sugeng Rahayu Golden Star. Perjalanan dari Solo-Mojokerto. Dan kebetulan kepulangan juga menggunakan bus Patas grup ini walaupun dengan bus yang berbeda plat. Sharing bagi penggemar #busmania

jet bus sugeng rahayu by golden express
jet bus sugeng rahayu by golden express

Pada hari Jum’at tanggal 19 November ada keperluan di Pasuruan dalam rangka kegiatan mengantar lomba Porsadin. Pembukaan kegiatan ini dimulai selepas Isya. Untuk mencapai Pasuruan yang jaraknya lumayan jauh, akhirnya berangkat pagi ke Terminal Tirtonadi Solo. Jam 07.00 WIB di depan pintu keluar Bis akhirnya kita berdua mendapat bus yang tergabung dalam bus cepat Sumber Grup. Kami mendapatkan bus model baru dengan gaya kaca depan bertingkat seperti double decker.
Berangkat dari solo jam 7 dan diperkirakan mencapai terminal Mojokerto Jam 14.00 WIB (jam 2 siang)

Penjual lalu lalang dalam bus ketika di dalam terminal

Setelah masuk kedalam bus dan mencari tempat duduk, maka kami memilih kursi agak tengah sebelah kanan. Kemudian kami menata barang bawaan dan duduk di kursi masing masing. Untuk tas diletakkan pada bagasi atas bus yang mempunyai penutup sehingga lebih aman dari jatuh karena goncangan dalam perjalanan.

pedagang lalu lalang dalam bus
pedagang lalu lalang dalam bus

Pada saat menunggu keberangkatan, termasuk banyak penjual yang menawarkan dagangannya. Umumnya berupa buku bacaan semisal buku khutbah, pengobatan, buku anak-anak, pijat refleksi, pidato bahasa jawa dan berbagai judul buku yang beraneka macam. Selain itu juga makanan ringan ataupun minuman yang dijajakan. Walaupun berlalu lalang, menurut saya para penjual masih dalam norma kesopanan dan tidak memaksa dalam berjualan. Walaupun secara kenyamanan mungkin sedikit (sedikit lho ya) mengganggu karena aktivitas hilir mudik penjaja ini. Akan tetapi dimaklumi karena mengais rizki yang lebih halal daripada tidak karuan dalam mencari nafkah.

Model Kursi dan fitur yang digunakan

Dengan model kursi terbuat dari kalep atau vinyl, atau apalah bahannya (bukan model kain beludru atau sejenisnya). Model bahan kursi seperti ini lebih saya sukai dibanding dengan pelapis kursi yang terbuat dari kain. Karena mudah dibersihkan serta tidak mudah kumal dan lebih higienis serta mudah dibersihkan. Selain itu lebih terpelihara dari aroma yang kurang sedap.

kursi bis sugeng rahayu
kursi bis sugeng rahayu

Pada bagian kursi penumpang yang dekat dengan kaca, ada tuas yang bisa ditarik guna menyetel posisi sandaran kursi. Tuas ini ringan dan mudah dioperasikan. Tinggal menarik tuas ke belakang, kemudian posisikan sandaran kursi senyaman anda. Setelah pas posisi yang di inginkan, kembalikan lagi tuas ini ke posisi semula. pada bagian belakang bus terdapat kantong yang bisa dipergunakan untuk menaruh makanan ringan atau minuman.

belakang kursi bus sugeng rahayu
belakang kursi bus sugeng rahayu

Bagi penumpang duduk di kursi yang jauh dari kaca atau di sebelah koridor bus, terdapat tombol merah yang berfungsi sebagai penyetel posisi sandaran. Bagi saya, tombol ini agak keras dipencet, sehingga orang dewasa pun perlu sedikit tenaga untuk memfungsikannya. Anak kecil sepertinya akan kesusahan memencet tombol ini supaya berfungsi.

pegangan dan tombol pengatur sandaran kursi (warna orange)
pegangan dan tombol pengatur sandaran kursi (warna orange)

Cara menggunakan tombol ini secara umum sama seperti tuas kursi di sebelahnya. Pencet tombol, kemudian posisikan sandaran kursi. Lepas tombol tersebut setelah anda menemukan posisi sandaran yang pas. Maka setelah dilepas tombol kursi akan membuat posisi sandaran terkunci tidak bergerak.

Selain tombol yang berada di samping agak bawah, ada juga sandaran tangan yang juga berfungsi sebagai penahan tubuh. Untuk mengubah sandaran ini silakan ditarik kedepan kemudian putar kebawah. Dan jika ingin mengembalikan ke posisi semula, tinggal melakukan hal yang sama.

Jumlah Penumpang dari Solo

Pada saat bus mulai bergerak berangkat, semua kursi tidak terisi sepenuhnya, sekitar setengah sampai 1/3 nya belum terisi. Akan tetapi walaupun belum penuh semua seat yang tersedia, bus tetap melaju menuju arah yang sudah ditentukan.

Tarif Bus Sugeng Rahayu atau harga tiket

Untuk perjalanan dari Terminal Tirtonadi Surakarta ke Mojokerto, kami berdua membayar sebesar Rp. 164.000,00,- atau @ orang Rp. 82.000.00,- (delapan puluh dua ribu rupiah). Kondektur memberikan satu lembar tiket untuk satu orang penumpang dan juga satu kupon makan di tempat pemberhentian daerah Caruban.

Fasilitas di dalam bus

Sebagai bus yang dibangun untuk reputasi kelas atas, bus yang kami tumpangi memiliki fasilitas yang memadai dan relatif cukup untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan para penumpang dalam perjalanan. Adapun fasilitas yang dimiliki oleh bus ini yaitu :

Toilet

toilet bus sugeng rahayu
toilet bus sugeng rahayu

Pada bagian belakang bus, terdapat toilet yang berfungsi dan bisa dipergunakan. Seperti toilet bus pada umumnya, kamar kecil ini hanya digunakan untuk pipis atau kencing. Pada pintu kamar mandi terdapat tulisan “Bukan untuk Buang Air Besar” dan juga untuk menutup rapat pintu toilet. Karena bagaimanapun harumnya aroma toilet, tetap saja aroma air seni menyeruak ikut.

Air Mineral

Setiap penumpang akan mendapatkan satu botol air mineral 500 cc yang bisa diminum di dalam bus ataupun di bawa pulang. Penyerahan air dalam kemasan isi setelah kondektur meminta ongkos dari penumpang.air mineral dari bus

WIFI

Bagi yang menginginkan internet gratis, bus ini juga menyediakan wifi gratis (sepertinya). Sehingga bisa menyimpan data internet dari operator anda. Akan tetapi ada password nya. Silakan bertanya kepada kru bus. Saya sendiri saat itu tidak menggunakan fasilitas ini. Agak menyesal juga tidak menggunakannya sehingga tidak mengetahui kualitas jaringan dan kecepatan internet yang diberikan oleh bis

Selimut

selimut coklat sugeng rahayu exclusive classPada masing masing kursi penumpang, terdapat satu buah selimut berwarna coklat dengan nama logo dan alamat dari bus ini. Akan sangat membantu bagi mereka yang merasakan dinginnya air conditioner (AC) dari bus. Saya sendiri merasakan manfaatnya.

Stecker colokan listrik.

stecker colokan untuk charge handphone atau power bankDi era sekarang yang banyak manusia bingung jika kehabisan daya batrei handphone atau power bank, bus juga menyediakan stop contact atau stecker colokan listrik yang sepertinya lebih dari 10 buah colokan. Letak colokan listrik ini berada dalam bagasi atas tempat barang diletakkan. Menempel pada salon sound system.

Audio Visual

Seperti umumnya bus patas elit zaman dahulu. Bus ini juga mempunyai televisi dan tata suara yang memadai. Tedapat dua buah tivi (sepertinya) berukuran 16 inchi yang menempel di dinding depan pemisah antara supir dengan penumpang.ac bus menyatu dengan salon

air conditioner

dan salah satu standar bus patas adalah keberadaan air conditioner. AC dalam bus ini bagi saya terasa pas, tidak terlalu dingin akan tetapi juga nyaman berada di dalamnya. dengan begitu bisa mengurangi penatnya perjalanan jarak jauh

Kenyamanan bus selama perjalanan

Merasakan perjalanan selama 7 jam di dalam bus tanpa berhenti lama (hanya sebentar menurunkan penumpang atau lampu merah). Bus ini tidak pernah ngetem lama kecuali pada saat makan. Selama perjalanan hampir tidak ada bus mengerem mendadak ataupun jalan yang zigzag. Sepertinya bus berjalan cepat, akan tetapi karena kenyamanan yang ada membuat tidak terlalu terasa kecepatan bus ini.
Salah satu bukti kenyamanan tentang bus ini, teman saya yang kondisinya sedang kurang bagus sehingga mengantuk dan akhirnya dia tertidur. Selain tidur, bisa ngorok. Kalau tidak nyaman saya kira akan susah dia ngorok. Untungnya tidak terlalu keras dan lama ngoroknya :D.penumpang tidur nyaman
Sedikit kurang nyaman yang saya rasakan adalah adanya suara body bus yang berdecit atau suara gesekan bahan bis. Ada suara yang sedikit terdengar. Akan tetapi mau bagaimana lagi, namanya juga barang bergerak. Sehingga hal ini akan sangat susah dihindari.

Review warung makan/rsetoran pemberhentian bus sugeng rahayu golden star

Pada saat keberangkatan dari solo ke Mojokerto, rumah makan bagi para penumpang adalah restoran Utama saradan. Entah dimana itu terletak, tapi keterangan kondektur berada di daerah Caruban.
Sedangkan perjalanan dari Mojokerto – Solo, restoran pemberhentian bus yaitu di daerah ngawi. Bernama Restoran Charis Indah yang berada di Ring Road Barat

Rumah Makan Utama Saradan

papan nama rm utamaDisini para penumpang bisa melaksanakan kewajiban sholat dan juga keperluan MCK. Dengan kondisi kamar mandi yang cukup bisa untuk menyelesaikan hajat anda. Tapi tidak bisa dikatakan juga sebagai kamar mandi yang kinclong, akan tetapi cukuplah untuk keperluan ke belakang.
Seorang wanita (muda) berdiri di depan pintu masuk ruang khusus makan penumpang sembari meminta tiket atau kupon makan yang diberikan oleh kru Bus.tiket makan rm utama caruban bus sugeng rahayu by golden star
Menu yang di hidangkan adalah prasmanan dimana lauk, sayur dan nasi mengambil sendiri. Sayur bening dan telur bulat ditambah kerupuk serta gorengan mendoan menjadi menu fasilitas dari bus ini.

Secara rasa, saya tidak mencela makanan yang di hidangkan. Akan tetapi saya juga tidak memberikan pujian atas rasanya.
Untuk tempatnya, sebenarnya bersih dan rapi. Akan tetapi karena situasi agak gelap serta lantai yang model ubin lama, serta meja yang warnanya tua tidak kinclong menjadikan kesan yang kurang bagus. Akan tetapi saya tetap memuji kebersihannya.

Rumah Makan Charis Indah Ngawi

papan nama rm charis indah bus sugeng rahayuSeperti umumnya mengambil makanan pada restoran jatah bus. Penumpang memberikan kartu tiket makan kepada petugas rumah makan.
Pada waktu kepulangan, sekitar jam 1 sampai di daerah ngawi. Kemudian bus berhenti untuk menyajikan makan kepada para penumpang. Rumah makan ini nampak luas dan bersih serta tertata. Dengan furnitur yang nampak baru serta lantai keramik putih bersih membuat banyak penumpang yang memberikan kesan positif terhadap kebersihan dan tata ruang restoran ini
Menu makanan yang disajikan ada dua, yaitu rawon dan soto. Masing masing bahan soto maupun rawon sudah disediakan pada mangkok yang agak kecil. Para penumpang tinggal menuangkan nasi dan kuah pada mangkok. Ada komentar dari penumpang yang menyayangkan kenapa sudah di bagi bagi pada tempat makan sih rawon atau soto nya. Akan tetapi bagi saya itu akan lebih adil karena soto dan rawon mengandung daging, kasian jika tidak dibagi seperti itu. Ngalamat yang ngambil belakangan Cuma mendapat kuah saja.

Secara rasa, saya tidak segan memberikan pujian kepada resto ini. Rawon yang saya makan terasa enak (menurut saya) dan ukuran sebagai sajian jatah tiket dari bus.
Untuk toilet dan tempat sholat, terkesan baru dan lebih bersih. Ada mushola tersendiri yang lumayan besar berada di samping restoran dan berdekatan dengan tenpat wudhu.

Gambar Bus sugeng rahayu golden star

nokia 3310 dan oppo a39Berikut adalah beberapa foto bus sugeng rahayu golden star yang kami naiki perjalanan dari solo menuju mojokerto. Ada yang dari depan maupun dari samping. Pengambilan foto dilakukan pada saat bus berhenti di rumah makan yang menjadi fasilitas dari bus. Bagi yang menginginkan foto bus dari situs ini silakan diambil, jika berkenan untuk mencantumkan sumbernya. Sekedar info, gambar ini saya ambil dari handphone pribadi saya. Bisa dikatakan sebagai koleksi pribadi. Untuk pengambilan gambar menggunakan kamera handphone oppo a39 dan nokia 3310.

bus sugeng rahayu by golden express (kepulangan)
bus sugeng rahayu by golden express (kepulangan)
sugeng rahayu nampak belakang kiri
sugeng rahayu nampak belakang kiri
bus sugeng rahayu kepulangan mojokerto solo (dalam kabin)
bus sugeng rahayu kepulangan mojokerto solo (dalam kabin)
bus sugeng rahayu by golden express nampak kanan
bus sugeng rahayu by golden express nampak kanan
sugeng rahayu nampak depan kiri
sugeng rahayu nampak depan kiri
bus sugeng rahayu nampak depan
bus sugeng rahayu nampak depan
bis sugeng rahayu by golden star
bis sugeng rahayu by golden star
karoseri adi putro
karoseri adi putro
bus sugeng rahayu nampak kanan
bus sugeng rahayu nampak kanan

Jadwal keberangkatan Bus Sugeng Rahayu Golden Star

Bagi yang menginginkan jadwal keberangkatan bus Sugeng Rahayu Golden Star, berikut kami sampaikan gambar hasil capture dari facebook. Terutama bagi para #bismania yang ingin merasakan perjalanan menggunakan kendaraan ini.jadwal keberangkatan bus sugeng rahayu golden express

Harga Tiket Bus Sugeng Rahayu

Setelah mengetahui beberapa jadwal dari bus ini. Anda bisa menimbang harga tarif dari mana saja seperti yang tertera di bawah ini.

tiket sumber rahayu golden express
sumber : aktual.web.id
harga tiket bus sumber rahayu golden express 1
sumber aktual.web.id
ongkos sumber rahayu golden express
sumber : aktual.web.id

 

Selamat menikmati. Salam bus mania

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

6 thoughts on “Bus patas sugeng rahayu golden star Pengalaman berkendara

  1. Wah, akhirnya sedikit banyak tahu tentang bus ini. Belum pernah naik sih, selalu naik Eka, terlebih karena perhentian makan Sugeng Rahayu ada di Caruban jadi menambah lama untuk sampai di rumah.
    Sepertinya nyaman-nyaman saja ya, mas Gun. Bolehlah lain kali nyoba. terima kasih infonya Mas.

Silakan berkomentar