Wisata ke Pandaan Tretes Pasuruan Jawa Timur

Posted on

dalam rangka supporter lomba atletik (lari) santri madrasah diniyah takmiliyah yang maju mewakili Provinsi Jawa Tengah pada ajang Porsadin Hubbul Wathon III. Kegiatan lomba porsadin nasional ini yang mendapat kehormatan dan bersedia menjamu para tamu kontingen dari seluruh Indonesia adalah Kabupaten Pasuruan. lumayanlah dapat pengetahuan, baru tau ternyata pasuruan itu ada kota dan ada Kabupaten.

wisatawan pandaan Pasuruan
wisatawan pandaan Pasuruan (ilustrasi)

perjalanan solo ke pandaan Tretes Kabupaten Pasuruan

Dari solo jam 7 pagi naik jetbus Sumber Rahayu. dengan tampilan bus model paling mutakhir 2 – seat. dengan kondisi bus yang bersih rapi dan nampak terawat.

bis sugeng rahayu by golden star
bis sugeng rahayu by golden star

biaya satu orang dari terminal solo-mojokerto kena charge ticket @Rp. 82.000,-. fasilitas lain selain diantar dari solo sampai mojokerto yaitu makan gratis di warung atau resto utama dan di dalam bis mendapatkan air mineral 550 mililiter. terdapat selimut coklat dengan logo dan nama sumber rahayu golden express. di bagasi bagian atas terdapat stecker atau colokan listrik yang menempel di salon. hal ini sangat berguna di era sekarang yang mana kebutuhan charge batrei telfon pintar maupun power bank sangat berarti bagi sebagian orang banyak.

di tengah perjalanan saya bertanya kepada kondektur yang masih imut imut (mungkin seumuran anak SMA). kira kira jam berapa sampai di Mojokerto?

Dia memperkirakan sampai di terminal Mojokerto kisaran jam 14.00 WIB (jam 2 siang)

akhirnya sampailah di terminal Mojokerto, sepertinya sedang ada renovasi. entah kenapa bus tidak masuk terminal, kami turun di samping terminal, kemudian bus melaju ke Surabaya, kami jalan kaki memasuki terminal. bagi saya termasuk sepi terminal ini, mungkin sifatnya hanya sebagai terminal satelit atau transit. Berbeda dengan terminal solo yang banyak bus ngetem dan para kru beristirahat atau canda ria serta lalu lalang calon penumpang berbaur dengan calo. Akan tetapi terminal sepi ada positifnya juga, bus hanya drop penumpang dan angkut seperlunya tanpa kelamaan ngetem. dan juga tidak bingung memilih bus.

dari terminal Mojokerto, dilanjutkan naik bus kuning (begitu teman teman sering menyebut bus 3/4 jurusan Mojokerto Pasuruan. kami menaiki bus PO Putri Gea (namanya gaul juga). dari perjalanan terminal mojokerto menuju Japanan. diperlukan perjalanan sekitar 1 jam lebih dari pemberhentian bus terminal satelit Mojokerto ke Japanan. tarif yang dikenakan oleh kenek naik bus ini dari Mojokerto – Japanan sebesar Rp. 10.000,-

Bis PO Putri Gea Jurusan Mojokerto Pasuruan
Bis PO Putri Gea Jurusan Mojokerto Pasuruan

sampai di Japanan dilanjutkan dengan kendaraan model izusu Elf. kalau kata teman saya dari temanggung menyebutnya dengan kol busuk. akan tetapi banyak juga mobil model ini yang ternyata dilengkapi dengan televisi pada kabin depan dekat sopir yang diletakkan di atap mobil.

kendaraan umum jurusan japanan pandaan
dalam kabin angkutan isuzu elf

sampai di Pandaan, kemudian mencari lokasi kegiatan lomba dan tempat untuk sholat dan meluruskan punggung. jadi berangkat dari terminal solo jam 07.00 WIB sampai di Pandaan jam 16.00 WIB. cuaca pada saat itu (bulan november 2017) kondisi musim hujan. dari pemberhentian elf menuju lokasi menggunakan jasa ojek lokal. Banyak berjejer motor penyedia ojek menuju Pandaan ataupun ke Tretes. sebenarnya mau menggunakan jasa ojek online semisal gojek atau grab. akan tetapi karena melihat kondisi berjejer motor tukang ojek, dan kondisi yang sedang hujan akhirnya langsung deal naik ojek lokal (daripada nanti ada ramai ojek lokal dengan ojek online, selain itu juga hujan sehingga asal cepat daripada nunggu yg online).

baca : Jalan Wisata ke Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Lokasi yang asyik di kunjungi di Pandaan dan Tretes

jika sampai di wilayah Pandaan dadan Tretes Kabupaten Pasuruan, ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk relaksasi dan merenggangkan fikiran supaya fresh. selain itu juga menambah pengalaman dan wawasan serta memberi asupan gizi kepada otak. adapun beberapa lokasi dan tempat yang bisa dijadikan tujuan wisata diantaranya adalah :

Masjid Bergaya arsitektur Tiongkok

Bagi muslimin, bisa mengunjungi masjid bersejarah dan dengan model bangunan dengan nuansa Tiongkok yang sangat kental. Masjid ini dinamakan dengan Muhammad Cheng Ho. dari nama masjid ini bisa dimaklumi kenapa arsitek bentuk bangunan yang begitu kentara tradisi China nya.

Pasar Buah Pandaan

Kalau dari piknik biasanya akan membawa buah tangan, baik souvenir atau makanan khas daerah tersebut. makanan khas Kabupaten Pasuruan adalah nasi Punel, dan jika anda menginginkan membawa oleh oleh berupa buah, anda bisa menuju ke Jalan Pecindilan, Genteng Pandaan Pasuruan. disitu tersedia beraneka macam buah seperti anggur, jeruk, salak dan tentunya buah apel.

untuk menuju tempat ini, jika anda dari arah surabaya, silakan mengambil jalan  Jl. Kusuma Bangsa, dalam waktu kurang lebih 10 menit anda bisa sampai pada lokasi.

Candi Jawi

Bagi yang ingin mengenal sejarah atau menikmati bangunan kuno yang didirikan pada masa nusantara dikuasai oleh kerajaan-kerajaan, anda bisa memilih candi Jawi sebagai destinasi wisata ketika berada di Pasuruan. Merupakan candi Budhha peninggalan Kerajaan Singasari pada abad XIII M. Candi ini merupakan persemayaman abu dari raja terakhir Kerajaan Singasari yang bernama Kertanegara

Lokasi candi Jawi ini berada diantara Kecamatan Pandaan—Kecamatan Progen dan Pringebukan. sedangkan alamat resmi yang bisa saya akses dari sebuah situs adalah. Jl. Raya Bogem, Prigen, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi tempat wisata ini jika anda dari Malang, dengan perjalanan darat lokasi dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1-2 jam lewat Jl. Gempol—Malang

Wisata santai menikmati suasana sejuk di Tretes

ini merupakan lokasi yang disebut dengan puncak nya Jawa Timur. Dengan cuaca dan suasana serta kesejukan hawa membuat bisa mengendorkan surat syaraf. dan sepertinya lokasi yang seperti ini banyak dipergunakan oleh orang pasangan untuk relaksasi. bahkan juga membuat otot yang tegang menjadi rileks. diakui atau tidak, bertebaran penginapan krusek dengan tarif yang dari kelas ecek ecek sampai dengan kelas yang lumayan.

jalan jalan ke tretes
sinar matahari pagi di tretes

entahlah, hal seperti ini seperti aroma kentut dan angin, bisa dirasakan tapi susah dibuktikan, apalagi ditangkap. Hal ini saya ketahui saat bertanya kepada sopir jurusan Mojokerto Pasuruan, pesantren apa yang ada di tretes? (saya bertanya karena terkait kegiatan Porsadin / Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyah). Betapa saya di tertawakan oleh teman dan sopir bus 3/4 tersebut terkait pondok pesantren di Tretes, ternyata Tretes Pasuruan adalah objek wisata terkenal di Pasuruan yang diduga sering menjadi tempat relaksasi para anak manusia.

peralatan yang perlu dibawa piknik ke Tretes

sebaiknya kalau berwisata ke Tretes, ada baiknya membawa peralatan mandi, kaos tangan dan kaki, jaket yang hangat, mantol/payung. selain itu ada baiknya juga membawa vitamin atau obat masuk angin, termasuk minyak penghangat badan. hal ini diperlukan karena kondisi alam di Tretes yang dingin. Jangan lupa sandal jepit lebih nyaman dipakai bagi liburan santai.

Kelengkapan fasilitas di Objek Wisata Tretes

kalau melihat kondisi di tretes, sepertinya memang merupakan lokasi yang nyaman untuk menghabiskan liburan di dalam kamar maupun jalan jalan di sekitar lokasi penginapan. Dengan begitu bisa menikmati kesejukan udara dan juga kehangatan sinar mentari pagi hari. Jalanan menuju lokasi ini bagus dan relatif nyaman di lewati, cuma naik turun dan kelok jalan yang curam sehingga kendaraan sebaiknya tidak dipacu diatas kecepatan 80 km/jam. seperti umumnya lokasi wisata di Indonesia, kekurangan yang ada yaitu toilet umum di lokasi banyak orang berkerumun. Jikapun ada kadang kondisinya yang tidak tega untuk menggunakannya sehingga ada baiknya dibuatkan formula supaya MCK lebih layak untuk dipergunakan. bagi yang muslim relatif mudah menemukan tempat untuk melaksanakan Ibadah sholat 5 waktu.

itulah pengalaman perjalanan dari solo-Pandaan-Tretes menggunakan kendaraan umum, dimulai dari bis besar jurusan Solo-Surabaya, kemudian menaiki bus 3/4 rute Mojokerto-Pasuruan, dilanjutkan dengan Kendaraan model Isuzu Elf/sejenisnya kemudian diantar oleh ojek kendaraan bermotor roda 2.

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar