5 startup travel agen milik muslim dan santri indonesia

Posted on

Beberapa startup milik muslim yang melayani jasa tiket online, menyeruak diantara para raksasa seperti agoda maupun traveloka. Tentunya dengan harga yang berani diadu. Selamat berliburan menggunakan kemudahan internet melalui penyedia jasa yang dikelola oleh sesama muslim.

Pada saat ini berbagai kemudahan dan kepraktisan orang dalam melakukan perjalanan. Kemudahan yang berdampak kepada bisnis penyedia jasa layanan pembelian tiket, dengan aneka macam promosi dan potongan harga yang menggiurkan, terkadang lebih murah daripada harga resmi bandrol pada hotel atau tiket itu sendiri yang resmi.

tiket online muslimDitengah pertarungan raksasa memperebutkan ceruk keuntungan bisnis penyedia layanan pemesanan tiket, baik kereta api, pesawat, dan juga booking hotel maupun layanan yang semakin berkembang dan meluas, muncul pemain – pemain lokal yang mempunyai nyali terjun di bidang bisnis travel agen, ticketing dan lain sebagainya dalam format online maupun aplikasi.

Bukan hanya sebagai pemain lokal, akan tetapi selain Indonesia asli mereka juga pengusaha Islam atau pengusaha muslim dan bahkan ada juga yang merupakan lulusan pondok pesantren. Walaupun alumni pesantren tidak menghalangi untuk menekuni bisnis online ini dan menjadi salah satu sumber rizki yang halal untuk menunjang kehidupan perekonomian.

Ada penyedia layanan ini yang sudah menggunakan platform aplikasi yang bisa di unduh pada plyastore atau google play, ada juga yang menggunakan basic web dimana bisa di akses dari handphone maupun dari laptop maupun komputer.

Adapun beberapa startup travel agen ticketing yang pemiliknya muslim seperti dibawah ini :

1. traveleson (traveleson.com)

ticketing milik santri
traveleson penyedia tiket pesawat murah

Penyedia layanan tiket yang dikelola oleh alumni pondok pesantren modern. Penyedia layanan tiket pesawat yang berani bersaing dalam harga serta pelayanan. Layak untuk di tengok dan di cek perbandingan harga. Jika paling murah harga, kenapa tidak memesan lewat situs ini?
Selain penyedia layanan tiket, juga melayani pemesanan hotel dengan versi back office, dilayani oleh staff yang representatif ramah cekatan serta responsif

2. KAHA Travel Agent

travel agent senior, asli Kampung Muslimiin Ampel, Surabaya:
Suatu perusahaan berawal dari usaha pengiriman hewan ternak seperti kuda, kerbau dan sapi dari indonesia timur ke pulau Jawa. Sekitar tahun 1975
Dan perusahaan mengalami peningkatan. Selanjutnya sang pemilik membangun usaha baru yang mendukung bisnis inti, semisal angkutan & kargo, keagenan kapal, wartel, sampai dengan kemunculan KAHA TOUR & TRAVEL di Bulan Agustus pada tahun 1992.
berawal dari kantor kecil dengan alamat di Jalan KH. Mas Mansyur No.119-121, Surabaya, saat ini KAHA Group melejit pertumbuhannya. Hadir lebih dari 58 kantor cabang dan counter penjualan, sekarang telah hadir di hampir seluruh penjuru utama Indonesia dan di seluruh negeri bahkan ekspansi ke negeri seberang dengan kota kota besar ke Jeddah, Kuala Lumpur, Dubai & Hong Kong,mykaha travel

KAHA GROUP. tidak hanya  menjadi agen penjualan voucher hotel, akan tetapi juga dikenali sebagai penyedia utama yang memberikan layanan ‘One Stop’ baik untuk semua keperluan perjalanan baik itu urusan ekonomi (bisnis) atau melancong seperti jasa transportasi, ground handling, tiket penerbangan, event & MICE management, tour pelayaran dalam/luar negeri dan e-commerce yang terintegrasi secara on-line.
Link myhaka nya bisa anda copy dan paste ke file baru dibawah ini

https://play.google.com/store/apps/details?id=in.quadlabs.live.mykaha

3. ondeway (Ondewey.com)

startup muslimmenurut informasi, dimiliki oleh ikhwan Muslim yang berasal dari Kabupaten Ngawi asli, Om Miqdad, yang perolehan sumbangan dalam acara walimahannya, disumbangkan kepada pengungsi Rohingya.

Pada situs ini,bukan hanya melayani pemesanan tiket pesawat. Akan tetapi juga menyediakan pembelian pulsa, POPT, juga jasa rental mobil, bus dan banyak jasa yang bisa di pakai dari situs ini. Ada area member juga.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wONDEWEY_5700023

4. PT Gema Haromas Buana (Muslim Yogyakarta) : (Tiketextra.com)

Situs yang dimiliki oleh PT Gema Haromas Buana yang menjadi agen resmi penjualan tiket pesawat beberapa Airlines, antara lain Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, Lion Air/Wings Air, dan lainnya. Pemesanan tiket via website ini bisa dilakukan dengan reservasi sebagai tamu atau mendaftar anggota pada situs tiketextra. Selain itu jika mendaftar sebagai member akan mendapatkan beberapa keuntungan.tiketextra yogyakarta

Selain tiket pesawat, juga menyediakan tiket kapal yang dinamakan dengan divisi kapal laut dengan tujuan ke seluruh pelosok nusantara. Perusahaan ini sudah menjadi Agen Resmi PT. PELNI, PT. Dharma Lautan Utama dan PT. Prima Vista, menjadikan keakuratan data baik jadwal ataupun harga menjadi lebih sangat terjamin. Keuntungan lain adalah tiket bisa dicetak oleh perusahaan ini sehingga tidak perlu menukar di pelabuhan. Pemesanan tiket kapal laut bisa di Jl. Gowongan Kidul No. 10 Yogyakarta, Telpon 0274 515 999, HP : 0851 0250 4400,

Bidang jasa Kargo

Selain tiket pesawat maupun kapal, juga bergerak bidang kargo
mulai beroperasi Maret 2012. Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 43 Gambiran Yogyakarta (Utara Pom Bensin Gambiran ) Telp. 085100549000. Pelayanannya yaitu pengiriman barang via udara, darat dan laut baik port to port maupun door to door dengan pelayanan jemput barang di tempat secara gratis (dalam kota).

Tour dan Voucher Hotel

Divisi Tour Gema Haromas menyediakan Paket Wisata Dalam negeri dan Luar Negeri dengan harga yang bisa dibandingkan, termasuk Voucher Hotel dan kepengurusan dokumen perjalanan.alamat Jl. C. Simanjuntak No. 2 Yogyakarta, Telpon/sms/wa 082244649999, pin BB 527FA599.

5. Defa Travel (Surabaya)

Penyedia layanan ticketing, juga pulsa PPOB, rent car, dan yang lain sebagainya
Situsnya yaitu.
http://www.dry2007.com

untuk aplikasi playstore silakan copy alamat ini. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.defatravel

perbandingan harga maupun kecepatan akses dengan pemain besar seperti agoda atau traveloka

pada saat ini melakukan perbandingan harga adalah kegiatan yang mudah, tinggal klak klik sana sini muncul harga di layar. Salah satu kenyamanan yang bisa dirasakan langsung adalah pada saat akses situs. Untuk itu kami mencoba membuka situs situs diatas dengan perangkat yang sama dan juga jaringan internet yang tidak berbeda. Adapun pengalaman yang dirasakan saat ini (15 Okt 2017) adalah sebagai berikut.

Kecepatan akses dan kemudahan memahami menu

Kalau pengalaman membuka situs diatas ditambah traveloka dan agoda, maka traveleson dot com adalah juaranya, dimana akses sangat cepat dan segera muncul harga yang dicari. Sedangkan yang lain masih kalah cepat, ada juga yang muter muter tidak kelar harga nya (sepertinya karena under construction sedang migrasi di playstore. Sedangkan situs besar lebih lelet. Malah beberapa kali saya coba tiket dari jakarta menuju solo eh malah keluar dari jakarta ke pret (perth maksudnya). Dicoba lagi eh malah muncul tiket ke sanghai, ya sudahlah (saya mencoba menggunakan perangkat komputer).

Kemudian dalam penggunaan kalau melalui komputer, mestinya semakin simple suatu situs maka semakin mudah dalam pengoperasiannya. Pada situs buto alias giant semisal agoda traveloka pastinya banyak tombol dan pilihan, sehingga bagi yang ogah ribet meneliti satu satu mestinya agak jengkel dengan situasi ini. Belum lagi salah klik. Bisa berabe 😀

Perbandingan harga Penyedia jasa ticketing

Akhirnya kami melakukan survey kecil kecilan perihal harga dari beberapa situs diatas di sandingkan dengan milik penyedia jasa tiket yang sudah dikenal yang pernah kena semprot warga net karena memajang Tora Sudiro dan Mieke Amalia sebagai bintang iklannya. Selain itu juga dilakukan pembandingan dengan agoda. Hari yang dipilih adalah hari ahad tanggal 26 November 2017 dengan perjalanan satu kali dari Jakarta menuju kota Surakarta/solo. Menggunakan pesawat garuda dengan ruang ekonomi. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut.

tiket pesawat traveleson
traveleson

 

myhaka tiket
myhaka

 

ondewey tarif tiket
ondewey tarif tiket

tiketextra tidak dapat ditampilkan karena under construction menuju playstore

defa tour ticketing
defa tour ticketing
traveloka
traveloka

 

agoda
agoda

disclaimer. Tentunya harga diatas tidak bisa menjadi dasar patokan di lain waktu pasti situs a lebih murah dari situs b. tentunya akan mengalami fluktuasi harga dan juga pengaruh promo serta kerjasama juga paket yang disediakan.

kalau harga sama atau selisih beberapa ribu bahkan bisa lebih murah, kenapa tidak memilih yang milik sesama muslim?

pesan tiket online
cs tiket online (ilustrasi)

Demikian usaha bisnis startup milik muslim dan santri alumni pesantren, semoga barakah dan bisa menginspirasi yang lain dalam ikhtiar mencari rizki.

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

2 thoughts on “5 startup travel agen milik muslim dan santri indonesia

  1. Wah ini cocok buat yang suka jalan-jalan terus suka cari tiket pesawat yang murah selain alternatif traveloka. Semoga usaha pesan tiket untuk perjalanan punya muslim bisa berkembang terus.

Silakan berkomentar