Aplikasi PDPP pangkalan data pondok pesantren

Posted on

Pada saat ini kemudahan dalam mengetahui informasi telah dikembangkan. Dalam kemudahan menggali atau melihat permukaan akan kebutuhan berita dan keterangan banyak bisa didapatkan dengan membuka telefon pintar. Baik dari android atau iphone maupun windows mobile. selain aplikasi PDPP, ada juga buatan Kementerian Agama yang memuat tentang buku-buku yang bisa dibaca secara online dan berjalan seperti media sosial saling komen dan berinteraksi. Jika tertarik anda bisa melihat pada aplikasi isantri

Termasuk dalam memudahkan mendapatkan informasi tentang pondok pesantren, dikembangkan suatu aplikasi yang memuat tentang informasi ringan dari suatu pesantren yaitu nama pimpinan pondok pesantren, nomor telefon, jumlah santri serta keterangan ringan lainnya. Aplikasi ini pada dasarnya diharapkan bisa memberi informasi awal kepada semua pihak yang ingin mengetahui seluk beluk awal lembaga pondok pesantren di Indonesia.

sambutan awal aplikasi PDPP
sambutan awal aplikasi PDPPP

Sebelum memasang PDPP pada Smartphone anda, mungkin sedikit informasi atau gambaran tentang aplikasi yang di kembangkan oleh Kementerian Agama ini.

Konten PDPP Kementerian Agama

Pertama membuka aplikasi PDPP akan disambut dengan gambar orang (santri?) yang memakai baju putih dengan memakai kopiah yang di belakangkan khas santri sedang santai. Dengan posisi memegang keker/alat bantu melihat kejauhan supaya nampak dekat. Sepertinya dimaksudnya sebagai tanda mencari sesuatu.

tampilan awal PDPP
tampilan awal PDPP

Pada atas gambar orang tadi ada kolom tempat menuliskan nama pondok pesantren yang di inginkan untuk dicari informasinya. Jika ingin lebih spesifik lokasi yang dituju (misalnya lokasi Kabupaten Ponorogo atau Provinsi Jawa Timur) silakan anda memencet tombol kiri atas, disitu akan muncul filter Kabupaten dan Provinsi.

Jika anda pencet salah satunya, akan muncul nama nama provinsi atau kabupaten tergantung filter mana yang anda klik.

Mencoba mencari pondok pesantren dengan PDPP

Setelah mecoba instalasi program tersebut, akhirnya dicoba mencari nama pondok pesantren yang bisa kami ingat. Misalnya saya ketikkan huruf “assalaam” pada kolom tempat pencarian. Kemudian klik menelusuri (tombol kanan bawah samping spasi). setelah itu akan muncul nama beberapa pondok Assalaam. Selanjutnya silakan anda memilih mana sekiranya yang ingin anda ketahui.

mencari pondok pesantren lewat PDPP
mencari pondok pesantren lewat PDPP

Sebagai contoh, kita pilih yang paling atas. Kemudian muncullah informasi pondok pesantren tersebut yang berupa :

  1. NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren)
  2. Nama Pondok Pesantren
  3. Tipe Pondok Pesantren
  4. Pengasuh Pondok Pesantren
  5. Nomor Telfon (sepertinya yang dicontohkan adalah milik pimpinan ponpes, bukan telfon kantor)
  6. Alamat Pondok Pesantren
  7. Potensi Ekonomi (kebanyakan kosong pada informasi ini)
  8. Konsentrasi Agama (sepertinya yang dimaksud konsentrasi keilmuan yang didalami, misal fiqh, ahlak, ushul fiqh, dll)
  9. Jumlah Ketenagaan (entah maksudnya jumlah guru ustadz saja atau TU atau gabungan)
  10. Jumlah santri Mukim
  11. Jumlah santri keseluruhan (mestinya santri mukim plus santri kalong atau santri yang tidak menginap di pondok pesantren)
profil pondok pesantren tampilan di PDPP
profil pondok pesantren tampilan di PDPP

Pada kolom filter dibawah kabupaten, terdapat bookmark untuk lembaga yang anda inginkan guna memudahkan membuka di lain waktu

Tentang PDPP

Dalam tulisan “TENTANG” yang di cantumkan dalam aplikasi ini,  tercantum website : 103.7.12.157/pdpp dan juga dicantumkan email : pdpp.pendi@gmail[dot]com.

Dalam keterangan yang tertulis berbunyi seperti ini

Sistem pangkalan data pondok pesantren ini merupakan sebuah media informasi pesantren di Indonesia. Sistem ini dikembangkan oleh PDPONTREN Kementerian Agama dengan data perolehan dari EMIS PENDIS. Sistem ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi dasar terkait pesantren-pesantren di Indonesia.

keterangan singkat tentang pangkalan data Pondok Pesantren
keterangan singkat tentang pangkalan data Pondok Pesantren

Entahlah saya agak heran apa memang emailnya benar itu atau kurang huruf saja karena setahu saya pendidikan Islam disingkat dengan pendis (dengan huruf s), bukan seperti email yang dicantumkan diatas tertulis pendi (tanpa s).

Disclaimer dari Pengembang Aplikasi

Sebelum memakai data ini sebagai keperluan penelitian atau apalah terkait data, silakan anda baca disclaimer yang dicantumkan oleh pengembang dari aplikasi ini.Entahlah apa maksudnya dibuat aplikasi ini karena dalam keterangannya berbunyi seperti ini

Informasi yang disalurkan oleh sistem Pangkalan Data Pondok Pesantren ini tidak dapat digunakan sebagai acuan resmi. Apabila ada yang ingin menggunakan data atau informasi yang berada di sistem ini untuk keperluan media, institusi, atau organisasi harus mengajukan permohonan resmi ke Kementerian Agama.

disclaimer dari pengembang
disclaimer dari pengembang

Untuk usulan data baru dan revisi dan silakan mengajukan ke Kementerian Agama Kabupaten di daerah. Data dalam sistem ini akan diperbarui secara berkala sesuai dengan data yang telah masuk.

Saya pribadi kalau melihat data yang berasal dari lembaga pondok pesantren, tidak menyalahkan kementerian agama sebagai penyaji data lembaga pondok pesantren kepada masyarakat atau instansi yang memerlukan. Yang patut dicermati penyebab tidak lengkap data pondok pesantren disajikan bisa dikarenakan 3 hal.

  1. Pondok pesantren kurang  semangat dalam melakukan entry data
  2. Banyaknya kolom data emis yang harus diisi
  3. Pondok pesantren tidak berminat lembaga nya tercatat di Kementerian Agama.

Download aplikasi PDPP Pondok Pesantren di Play Store atau pada Google Play

Bagi yang ingin melakukan instalasi atau pemasangan pangkalan data pondok pesantren pada telefon pintar dengan sistem operasi android, anda bisa membuka playstore di handpone anda.

Kemudian ketikkan PDPP pada kolom atas tempat mencari aplikasi.

play store PDPP
play store PDPP

Selanjutnya silakan anda klik PDPP dan ditunggulah sampai dengan selesai proses instalasi.

PDPP pada playstore
PDPP pada playstore

Pengalaman menggunakan PDPP

Beberapa kali mencoba mencari pondok pesantren melalui aplikasi ini, beberapa kali saya mengalami keadaan dimana aplikasi menutup dengan sendirinya. Akan tetapi tidak pernah merasakan hang karena aplikasi ini. Secara umum aplikasi ini berjalan dengan ringan dan lancar pada handphone android. Hanya mengalami beberapa kali aplikasi menutup dengan sendirinya

Demikian sekilas ulasan terkait aplikasi pencari pondok pesantren yang (dalam tulisan tersebut) dikembangkan oleh Kementerian Agama.

Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

2 thoughts on “Aplikasi PDPP pangkalan data pondok pesantren

  1. Akhirnya istilah Database, sudah dipakai menjadi Pangkalan Data. Syukurlah kalau begitu. Istilah ini sudah lama dianjurkan, cuma rasanya baru ngeliat yang ini berani pakai istilah bahasa Indonesia.

Silakan berkomentar