Santri entrepreneur DOEL’S BARBER AND COFFEE SHOP

Posted on

Beberapa keyword search di mesin pencari terdapat beberapa kata yang arahnya menuju tentang mencari informasi terkait pekerjaan santri selepas mondok. Ada banyak profesi yang bisa dilakukan. Mulai dari perkantoran, aparatur pemerintah, swasta, wiraswasta, bisnis dan yang lain lain. Akan tetapi akan lebih afdhol dan mantab jika disampaikan profesi kongkrit lulusan dari ponpes.

Salah satu pemasukan ekonomi bisa berasal dari bisnis. Berikut adalah sampel yang jelas dimana lulusan pondok terjun di bidang bisnis tepatnya berkaitan dengan potong rambut dan sekitarnya.

santri entrepreneur barbre shop
doelsbarbershop

Merupakan pasangan santri alumni pondok pesantren yang mana mulai di sekolah pada ma’had `asri di Sukoharjo. masuk ke pontren pada tahun 1993 dan selesai SMA/Madrasah Aliyah tahun 1999. Kemudian melanjutkan pendidikan s1. berasal dari Brebes dan Magelang Provinsi Jawa Tengah. Saat ini tinggal di Provinsi Jawa Barat. Tepatnya berada di kota tempat M. Idris Abdul Shomad menjadi walikota dan Wakil Pradi Supriatna sebagai Walikota.

Bisnis santri entrepreneur bidang barber shop

Berikut penuturan tentang awal mula menjalankan bisnis atau usaha mandiri barber shop. Dituliskan guna memantabkan jiwa wira usaha santri serta memberikan ketenteraman hati kepada calon wali santri yang ingin melanjutkan pendidikan pada pondok pesantren. Selain itu semoga bisa juga sebagai inspirasi dan panduan alumi pondok dalam melakukan wirausaha.

Berikut dituliskan oleh pemilik usaha. Silakan menyimak.

Ide awal Usaha Barber oleh santri

Ide awal usaha barber dimulai dari ketertarikan usaha kakak yang sudah lebih dulu terjun ke dunia barbershop

Melihat antusiasme masyarakat untuk cukur atau merapikan rambut di barbershop membuat kita tergerak untuk membuka usaha barbershop.

Proses awal mulai usaha barber shop

Setelah 2 tahun berpikir dan rembugan dengan keluarga sambil ngumpulin modal, kita buka Doels barber yg pertama. Dengan tempat hasil ngontrak dirumah saudara dan luas ruang yang bisa dibilang kecil, kita memulai usaha dengan bismillah (dan tentunya sudah dipikirkan cara serta strategi sebagai perwujudan kewajiban manusia dalam melakukan ikhtiar).

Peluang, potensi dan animo klien dan masyarakat

Melihat animo masyarakat besar. Kita buka cabang di cibubur. Alhamdulillah ketemu orang baik hati pengusaha kuliner (cwie mie malang) yang membolehkan sebelah tempat usahanya kami beli dengan cara pembayaran dicicil dan tanpa bunga.

Bisnis santri pondok pesantren
doels barber and coffee shop owner

Suka duka membangun usaha barber and coffee shop

suka dan duka dalam mengelola usaha telah termasuk banyak kita lalui. Dari SDM yang keluar masuk, isu-isu tentang pelayanan di barber kami yang tidak bagus yang dihembuskan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan penutupan usaha di jakarta karena tidak sesuai harapan kami. Tapi dengan usaha semampu dan sebisa yang kita lakukan, kami berharap dapat menjadi ladang ibadah kami dengan menyediakan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Kendala yang pernah di hadapi

Kendala didalam usaha barbershop adalah menemukan barberman yang sejalan dengan harapan kita. Bagi kami mereka art partner, prajurit terdepan dalam usaha kami.

Mereka sebagai pekerja seni dalam bidang hair stylis terkadang memiliki sikap yang sulit kita kendalikan, jadi tantangan kami bagaimana kita dapat bekerja sama dan menyelesaikan dengan baik semua masalah perbedaan yang kadang muncul.

Usaha barber shop sampai saat ini

Alhamdulillah sampai dengan saat ini, (30 Oktober 2017, Usaha barbershop kami sudah berjalan 2 tahun. Dan sampai saat ini kami memiliki 4 gerai yang berada di Cibubur, Tegal, Mejasem dan Slawi. Dan kami berharap usaha kami berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, barakah dan dapat dijadikan contoh bagi orang lain yang ingin membuka usaha yang sama.

doels barbershop ala santri entrepreneur
doels barbershop ala santri entrepreneur

Tips kepada santri alumni ponpes dalam bisnis dan usaha

Pesan kami untuk siapa saja yang berminat membuka usaha barbershop. Pertama carilah tempat yang bisa menarik perhatian orang, kedua konsep yang akan diterapkan, perencanaan dan dana

Jangan takut mencoba karena kita tidak tahu kapan keberhasilan dapat kita raih tanpa mencoba.

WASSALAM

Depok,  30 Oktober 3017

video doels barber and coffee shop

berikut sedikit cuplikan video dari youtube yang di upload dari akun youtube resmi milik doels barbershop. gerai di wilayah Cibubur. Kalau ada yang penasaran, cibubur masuk daerah jabar atau jakarta atau Bekasi? Secara teknis administrasi lokasi, Wilayah Cibubur berada di Propinsi Jawa Barat dan ada sedikit Kecil wilayah yang Masuk DKI Jakarta. Dan pada wilayah Jawa Barat, Jawa Barat bisa dikatakan Cibubur Kota Depok, Cibubur Kota Bekasi dan Cibubur Kabupaten Bogor.

Untuk wilayah Cibubur yang Masuk Ibukota hanya mencakup Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas. Guna Menuju Cibubur Propinsi Jawa Barat dapat menggunakan jalur Alternatif Cibubur-Cileungsi

santri entrepreneur, kesempatan dalam mencari kerja dan peluang usaha

Begitulah kisah berbagi ilmu dan pengalaman santri dalam melakukan usaha. Dimana dimulai dari mendapatkan ide, kemudian mulai eksekusi secara nyata. Dilanjut kemudian perjalanan naik turun bisnis barber dan coffee shop. Dan secara income mestinya tidak etis disebutkan berapa perbulan yang di dapatkan. Akan tetapi pada prinsipnya insyaallah cukup dan bisa dikatakan lebih dari cukup untuk operasional kehidupan secara umum.

Dari kisah diatas banyak hal yang bisa kita ambil hikmah yaitu santri dengan background pendidikan keagamaan bukan merupakan halangan dalam mencapai profesi yang profitable.

Kans dalam pekerjaan dan profesi alumni pendidikan yang berasal dari pondok pesantren bukan halangan. Dimana kesempatan terbuka bagi siapa saja yang mau berusaha dan banyak belajar.

Foto foto doel’s Barber and coffee shop

barbershop ala santri
doels barbershop pertama. Jl. Setia Budi no 18 Tegal

 

Barbershop santri entrepreneur
doels barber shop Slawi. Jln. Jend. Soetoyo no 15 Kagok Slawi

 

doel's barber and coffee shop
doel’s barbershop Tegal Mesajem

 

doel's barber and coffee shop Cibubur
doel’s barber and coffee shop Cibubur

 

cutting dan shaving di doels barber and coffee shop
cutting dan shaving di doels barber and coffee shop

 

doels barbershop (semua crew tegal)
doels barbershop (semua crew tegal)

 

kebersamaan yang terjalin dengan crew
kebersamaan yang terjalin dengan crew
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar