Sistematika penyusunan nomor statistik TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an

Posted on

Salah satu pendidikan keagamaan yang banyak dilaksanakan oleh komunitas penggiat belajar membaca al Qur’an adalah Taman Pendidikan Al Qur’an. Dalam rangka melakukan pendataan dan pencatatan secara detail dan menyeluruh terhadap lembaga yang mengajarkan membaca huruf hijaiyah arab ini melalui data EMIS. Terkait dengan data EMIS, disusun suatu rumusan penomoran nomor statistik Taman Pendidikan Al Qur’an dan lembaga yang lain.

Bagaimana cara lembaga TPQ bisa mendapatkan nomor statistik TPQ? Tentunya adalah dengan cara mengajukan kepada instansi terkait. Dalam hal ini yang mengeluarkan nomor statistik TPQ berada pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten /Kota. Adapun cara pengajuan bisa dibaca pada Mendaftarkan TPQ Ke Kementerian Agama.

nomor statistik TPQ
ilustrasi santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad

Nomor statistik TPQ terdiri dari 12 digit angka. Dalam duabelas digit angka tersebut menyimpan kode-kode lembaga, asal kabupaten serta provinsi dan urutan lembaga dalam mendaftarkan.

Secara pemberian kode, ternyata dalam Education Managemen Information System (EMIS), lembaga yang mengajarkan membaca al Qur’an disebut dengan LPQ (lembaga Pendidikan Al Qur’an). Dalam LPQ ini Lembaga Pendidikan Al Qur’an dibagi menjadi beberapa jenjang dan tingkatan. Untuk detail tentang pembagiannya silakan dicermati pada Jenjang dan Tingkat Pendidikan TPQ

Untuk mengetahui tata cara penyusunan nomor Lembaga anda, ataupun melakukan pencocokan apakah TPQ anda sudah benar dalam susuan nomor statistik, silakan disimak hal dibawah ini.

Urutan Penyusunan Angka pada nomor Statistik TPQ LPQ TKQ TQA (Taman Pendidikan Al Qur’an)

Seperti disampaikan diatas, dalam susunan 12 digit nomor statistik ini berisi tentang kode lembaga, kode, provinsi, kode kabupaten, kode urutan lembaga. Silakan diperhatikan gambar dibawah ini

kode kabupaten provinsi nomor statistik kementerian agama

Dengan begitu maka hal yang perlu dimasukkan adalah kode-kode yang dijadikan patokan lembaga yang ada. Dalam hal ini pembagian lembaga Pendidikan Al Qur’an menjadi 4 buah. Adapun lembaga dan kode nya adalah sebagai berikut :

  • Taman Kanak-Kanak al-Qur’an (TKQ) kode lembaga = 401
  • Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) kode lembaga = 411
  • Ta’limul Qur’an lil ’Aulad (TQA) kode lembaga = 421
  • Majelis Taklim kode lembaga = 431

Selanjutnya setelah mengetahui kode – kode lembaga LPQ, selanjutnya adalah dengan memasukkan kode tersebut kedalam 12 digit urutan nomor statistik LPQ TPQ TKQ atau TQA.

Kolom 1-3 diisi dengan 3 angka kode lembaga (dalam hal ini bisa kode TKQ, TPQ, ataupun TQA)
Kolom ke 4 diisi dengan status lembaga (diisi angka 1 untuk lembaga Negeri, diisi angka 2 untuk lembaga swasta) semestinya TPQ adalah swasta dan sepanjang saya tahu tidak ada yang negeri, silakan diisi dengan angka 2.
Kolom ke 5-6 diisi dengan kode provinsi
Kolom ke 7-8 diisi dengan kode kabupaten
Kolm ke 9-12 diisi dengan nomor urut lembaga ketika mendaftar di kemenag.

ilustrasi santri TPQ belajar
ilustrasi santri TPQ belajar

Contoh menyusun nomor statistik TKQ.

Seperti sudah disebut diatas bahwa untuk TKQ mempunyai kode 401. Dengan begitu jika lembaga anda merupakan TKQ, mestinya 3 digit awal nomor statistik lembaga adalah 401.

Berikut kami contohkan lembaga Taman Kanak Kanak Al Qur’an yang berasal dari Kabupaten Batang (dengan kode Kab 25) Provinsi Jawa Tengah (Kode Provinsi 33). Dengan nomor urut pendaftaran pertama atau satu (1)

401225330001

Penjelasan nomor statistik tersebut diatas adalah sebagai berikut :
401 – kode lembaga Taman Pendidikan Al Qur’an

2 – kode status lembaga

25 – Kode untuk Kabupaten Batang

33 – Kode untuk Provinsi Jawa Tengah

0001 – 4 digit nomor urutan terdaftar di kemenag (selanjutnya diisi dengan 0002, 0003, 0004 dan seterusnya)

Bagaimana dengan nomor statistik TPQ?

Secara rumus sama saja persis seperti diatas, akan tetapi hanya di ubah kode lembaga saja dengan memasukkan nomor kode milik TPQ. Contoh TPQ Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah yang di miliki oleh orang (yang anggap saja bernama) ABDULLAH dengan nomor urut pendaftaran kedua,

Berikut adalah hasil dari penomoran statistik TPQ diatas

411225330002

Begitupun dengan sistematika penomoran nomor statistik Ta’limul Qur’an Lil aulad, tinggal mengganti kode lembaga saja dan urutan yang ada.

Contoh TQA batang pendaftaran nomor urut 3

421225330003

Darimana diketahui kode kode kabupaten dan provinsi? Berikut adalah daftar kode kabupaten dan provinsi seluruh indonesia guna keperluan kebutuhan penomoran atau cek kebenaran nomor statistik lembaga. Silakan menuju ke daftar kode kabupaten dan provinsi seluruh indonesia guna statistik emis.

Demikian tentang nomor statistik Lembaga Pendidikan Al Qur’an serta tata cara dan rumus penomoran, semoga semua lembaga TPQ segera memiliki nomor statistik.

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar