Profil Pondok Pesantren Banu Salamah Jenawi Karanganyar

Posted on

Ditulis berdasarkan dari pengasuh pondok pesantren Banu Salamah Jenawi. semoga bisa menambah khazanah pengetahuan dan wawasan tentang pondok pesantren di Indonesia.

Latar  belakang  dan  sejarah berdirinya Pondok  Pesantren Banu  Salamah

BismillaahirahmaanirrahimSesungguhnya  Allah SWT meletakkan kejayaan  hidup manusia dunia akherat hanyalah di dalam agama yang sempurna.Yaitu mentaati dan mengamalkan perintah- perintah Allah SWT dengan mengikuti sunnah Nabi Muhammad Saw.Pada saat ini, umat manusia  beranggapan bahwa  kejayaan  dan kebahagiaan akan diraih jika  mempunyai harta, pangkat, dan jabatan, sehingga  setiap saat dan  keadaan yang dipikirkan dan  diusahakan bagaimana bertambahnya harta, pangkat  dan jabatannya  sehingga amal agama yang merupakan fitroh dan asasi bagi manusia mulai melemah dan banyak yang mulai ditinggalkan. Padahal hal ini telah bertentangan dengan sunnatullah atau ketetapan Allah SWT.

pondok pesantren tahfidz Banu Salamah
pondok pesantren tahfidz Banu Salamah

Para  remaja,anak-anak  dan generasi muda sudah  semakin jauh dari  agama dan mereka telah mengikuti budaya dan pola pikir orang orang Yahudi dan Nasrani yang telah jelas menjadi musuh Islam. Al Qur’an yang menjadi dasar hukum agama dan pedoman hidup  sudah mulai di tinggalkan. Bahkan membaca, mehahami, menghafalkannya dianggap sebagai suatu hal yang sia sia. Yang lebih menyayangkan lagi adalah ada yang menganggap Al Qur’an sudah kuno dan ketinggalan jaman dan tidak relevan pada jaman modern yang seperti sekarang ini.Keadaan yang  terjadi pada  umat Islam  pada saat ini benar- benar sangat  memprihatinkan. Tetapi sangatlah disayangkan bahwa sangat sedikit sekali pribadi muslim ataupun kelompok umat  Islam yang  merisaukan dan  memikirkan serta  mengambil perhatian dalam kemunduran umat Islam yang terjadi pada saat ini.

mendapat kunjungan dari pengasuh pesantren Temboro
mendapat kunjungan dari pengasuh pesantren Temboro

Dengan  berbekalkan  kerisauan  dan pemikiran terhadap kemunduran umat Islam ini terutama  para generasi muda, serta berbekalkan sedikit ilmu agama dan hafalan Al Qur’an 30 Juz. Maka   kami mulai mengadakan  perintisan dan  kaderisasi  generasi Qur’ani.

Kami  bermaksud mendirikan  Pondok   Pesantren yang   bermisi  mengembalikan  umat  Islam  dan generasi muda untuk  kembali  kepada  Al Qur’an  dan agama yang mulia ini dengan menghafalkan, memahami dan mengamalkan Al Qur’an  serta  menyebarkan dan  membawa  maksud  dari Al Qur’an  kedalam  kehidupan  pribadi dan  umat  Islam  secara  umum.Pondok Pesantren yang  akan mencetak generasi  yang  mempunyai  keimanan  atau  ketauhidan dan  amal shalih yang  sempurna, hafidz hafidzah,’alim ‘alimah, juga sebagai da’i dan da’iah yang diridloi oleh Alaah SWT.

Sejarah Pendirian Pondok  Pesantren Banu  Salamah

Program  Pondok Pesantren Banu Salamah sudah dimulai sejak  pertengahan tahun 2000, hingga   tahun 2003 telah selesai  program  tahfidzul  Qurr’an 30 Juz  satu orang santri. Maka pada  tahun 2003 diadakan wisuda Khotmil Qur’an yang pertama dengan peserta satu orang santri.Secara   resmi  terdaftar   pada Kantor  Kementerian Agama  Kabupaten Karanganyar pada tahun 2003. Alhamdulillah  pada  tahun 2007 telah mendapatkan Badan Hukum  dari  Pejabat Pembuat. Akta   Tanah  atau  Notaris  Ny.  Sunastitiningsih  Sapai  Widaryo, S.H. dengan  nomor  Badan Hukum   No. 10  Tanggal 08  Maret 2007 Nama :  Lembaga Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an “ Banu Salamah “.

Lokasi  dan  status  tanah  Pesantren Banu Salamah

Pondok  Pesantren  Banu Salamah  dibangun di  lokasi pegunungan, tepatnya di kampung Tirip  Rt 02 Rw 02  Desa  Lempong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Status tanah tempat di mana dibangun Pesantren ini  adalah tanah milik Bu Suwarni, ibu dari  Pengasuh  Pesantren, dan akan  diuruskan ke PPAT atau Notaris untuk  selanjutnya diwakaf kan  kepada Pesantren Banu salamah.

Jumlah  santri

Mulai  awal  berdiri sampai  dengan saat ini sudah mengkhatamkan lebih kurang 90 santri putra dan putri. Santri  yang masih  mukim di Pesantren sampai  saat ini sejumlah 90 santri yang berasal dari lokal maupun luar provinsi di seluruh Indonesia.

Pengasuh  Pondok  Pesantren

Pesantren Banu Salamah dipimpin eleh seorang pengasuh Pesantren Bapak H Suwarno Muhammad Salim beserta seorang istri sebagai Ibu Nyai sekaligus sebagai Ustadzah yang dibantu oleh sepuluh orang  alumni yang mengikuti program pengabdian pada Pesantren.

Muhammad Salim pengasuh pp banu salamah
Muhammad Salim pengasuh pp banu salamah

Program  Ijazah Pendidikan  Kesetaraan

Seiring  dengan  program  pemerintah  untuk  wajib  belajar pendidikan dasar 9 tahun pada Pondok  Pesantren, maka kami  mendaftarkan Pesantren  ini untuk  mendapatkan kesempatan menyelenggarakan program ini.  Alhamdulillah pada  tanggal 13 Juni  2006 permohonan ini terkabul dengan  diterbitkannya  Piagam Nomor : Kd.11.13/5/BA.00/902/2006  dari Kepala  Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar sebagai dasar penyelenggaraan program Wajar Dikdas 9 tahun pada Pondok Pesantren Banu Salamah ini pada tingkat Ula dan Wustha. Sejak tahun 2009 sampai sekarang  untuk  tiap tahunnya  mengikutkan peserta didik atau santri untuk mengikuti Ujian Nasional Paket  Ula  dan Wustha. Sebagian besar  dari para  peserta Ujian  Nasional  ini  lulus dalam Ujian Nasional, sedikit sekali yang harus mengikuti Ujian Susulan.Biaya pondok Pesantren Banu Salamahsantri pondok pesantren setingkat SD

Biaya Pendidikan di Pondok Pesantren Banu Salamah

Daftar Administrasi Pondok  Pesantren  Tahfidzul Qur’an  “ Banu  Salamah “.
1.Uang  Bangunan :   Rp  1, 000.000,00
2.Uang  Pendaftaran :   Rp      100.000,00
3.Uang  Almari :   Rp      250.000,00
4.Uang  Khidmad  per  Bulan / Syahriah a). 2  x  makan :   Rp      250.000,00b). 3  x  makan :   Rp      300.000,00
5.Uang  Cuci per  Bulan :   Rp        50.000,00   ( Untuk Santri Kecil )

Jumlah       a). :   Rp  1.650.000,00       b).  :  Rp  1.700.000,00

Dari biaya diatas disimpulkan bahwa uang masuk pada kisaran 1.700.000,-. membayar uang masuk maka selanjutnya biaya yang di butuhkan setiap bulan adalah sebesar antara 250.000,- sampai dengan 350.000,- (tergantung paket pilihan yang diambil)

Jadwal Kegiatan santri Pontren Banu Salamah

JADWAL  PEMBELAJARAN  PROGRAM  TAHFIDZUL  QUR’AN PONDOK  PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN  BANU  SALAMAH

NoWaktuProgramPemandu/Ustadzah
103.00-04.00Qiyamul LailKetua Santri
204.00-04.30Sholat Shubuh dan Amalan PagiFajri Qomariah
305.30-07.00Muroja’ah dan setoran hafalan Qur’an tambahanUmi Munawaroh
407.00-08.00Program Wajar DikdasTutor Wajar Dikdas
508.00-09.00Istirahat
609.00-11.00Muroja’ah hafalan Al Qur’anUmi Munawaroh
711.00-11.30Tahsin Al Qur’anUmi Munawaroh
812.00-12.30Sholat DhuhurFajri Qomariah
912.30-13.30Muroja’ah hafalan Al’Qur’anUmi Munawaroh
1013.30-15.00Istirahat
1115.00-16.30Sholat Ashar dan Amalan SoreFajri Qomariah
1216.30-17.00Diniyah/KitabMaya Farida
1317.00-17.30Do’a dan Dzikir, IstirahatFajri Qomariah
1417.30-18.00Sholat MaghribFajri Qomariah
1518.00-19.45Menghafal untuk setoran tambahan pagiKetua Santri
1620.00-20.30Istirahat dan Sholat Isya’Fajri Qomariah
1720.30-21.30Taklim kitab Fadhail Amal dan MudzakarohKetua Santri
1821.30-03.00Istirahat

Tata Tertib di Pondok Pesantren Banu Salamah

TATA  TERTIB  SANTRI

  1. Niat belajar di Pesantren untuk menjadi ‘alim/’alimah, hafidz hafidzah, da’i da’iah yang diridloi Allah SWT.
  2. Beremangat dan bercita-cita yang tinggi serta sungguh-sungguh dalam belajar di Pesantren.
  3. Senantiasa membentuk dan menjaga suasana amal di Pesantren (Dakwah,Taklim,Dzikir Ibadah,Khidmat).
  4. Menjaga aklak dan adab terhadab Kitab,Ustadz Ustadzah,dan sesama santri.
  5. Mengikuti semua program selama 24 jam di dalam Pesatntren,walaupun sedang ditengok oleh orang tua atau wali santri.
  6. Diperbolehkan tidak mengikuti program Pesantren apabila disertai alasan yang jelas dan tidak dibuat-buat (ada tugas keluar dari Mudir atau Mudiroh Pesantren dan sakit yang memang tidak mampu untuk duduk dalam program)
  7. Santriyah dalam kondisi Haid tetap harus ikut dalam program 24 jam kecuali  dengan alasan yang dibenarkan atau sakit.
  8. Bermusyawarah dengan Mudir atau Mudiroh Pesantren apabila ada permasalahan sehingga tidak memutuskan sendiri terhadap semua permasalahan.
  9. Tidak membuat suasana gaduh atau keramaian dalam Pesantren sehingga mengganggu ketenangan semua personil Pesantren dan tetangga sekitar Pesantren
  10. Apabila semua program telah selesai maka segera infirodi atau tidur sehingga cepat bangun untuk bisa menghidupkan amalan malam atau qiyamul lail.
  11. Semua santri diwajibkan mengerjakan tugas piket kebersihan dan khidmad atau memasak dengan penuh tanggungjawab.
  12. Tidak diperbolehkan keluar dari Pesantren tanpa ijin dan kembali ke Pesantren sesuai dengan ijin dan segera melaporkan tentang kepulangan kepada Mudir atau Mudiroh Pesantren.

    santri ponpes banu Salamah
    santri ponpes banu Salamah

KERJASAMA  DAN  TATA  TERTIB WALI   SANTRI

  1. Menghidupkan    amalan   di   rumah    sebagaimana   amal   di   Pesantren (Dakwah, Taklim, Dzikir, Tilawat Qur’an ,Puasa, Sedekah, Khitmad, dll)
  2. Membantu  kemudahan putra putri dalam belajar menghafal Al Qur’an dan taklim Kitab dengan senantiasa mendoakannya minimal tiap selesai Sholat.
  3. Senantiasa  memberikan  motivasi  untuk  kesemangatan dan  kesungguhan  serta kedisiplinan putra putrinya dalam mengikuti program pembelajaran dan tata tertib Pondok  Pesantren
  4. Memberikan  nasihat  dan solusi  kepada  putra  putrinya  setiap ada permasalahan dengan Pengasuh,Ustadz dan Ustadzah ataupun sesama santri.
  5. Konsultasi  dan  meminta  penjelasan  kepada Pengasuh Pesantren terlebih dahulu setiap  menerima pengaduan permasalahan dari putra-putrinya agar  terhindar dari kesalahpahaman  dan kerugian bagian semua pihak baik Pengasuh,santri dan wali santri
  6. Mengecek  atau  mengevaluasi  hasil  belajar  putra-putri  tentang  program hafalan Qur’annya  dan program  yang  lain dan menasihati untuk lebih sungguh sungguh dalam belajar.
  7. Menjaga   nama  baik dan  kehormatan bersama  baik  pesantren, wali  santri  dan semua  santri.
  8. Mengedepankan  musyawarah dengan pengasuh  pesantren  terhadap hal hal yang berkaitan dengan administrasi,perijinan,keperluan dll.
  9. Menjaga  ketertiban  administrasi  atau  syahriah  paling  lambat  tanggal 10 untuk kemaslahatan,kemudahan,kelancaran program pesantren.
  10. Bertemu  atau  mulaqot dengan   putra- putri   pada  jam atau  jadwalnya,  apabila berkunjung  ke pesantren  bukan  pada  hari libur  maka  bila  ingin mulaqot harus menunggu  selesai  program.
  11. Mengingatkan  putra-putrinya untuk menjaga sholat berjamaah dan program yang lain walaupun sedang bersama orang tua atau walinya.
  12. Tidak  mengajak  putra-putri  keluar pondok kecuali harus dengan ijin Mudir atau Mudiroh Pesantren.
  13. Apabila berkunjung ke Pesantren dan hendak bermalam dan bersamamaan dengan wali  santri yang lain maka  bagi ibu-ibu  semuanya  bermalam atau tidur di ruang tamu putri di dalam pondok putri dam bapak-bapak di ruang tamu putra.
  14. Tidak membiarkan putra-putrinya bermain-main dengan HP, MP3, MP4, Laptop dll apalagi memberikan untuk  disimpan di pondok karena hal itu sangat mengganggu dan mengurangi konsentrasi bagi para santri, karena akan disita oleh pihak Pondok Pesantren dan tidak akan dikembalikan.

    hadirin kegiatan khataman dan pengajian di PP Banu Salamah
    hadirin kegiatan khataman dan pengajian di PP Banu Salamah

Syarat Pendaftaran Ponpes Banu Salamah

Persyaratan  pendaftaran  santri  Pondok  Pesantren  “ Banu  Salamah “

1. Foto  Copy  Kenal Lahir / Akta  Kelahiran 2  lembar
2. Foto  Copy  IJAZAH  dan  SKHUN  2  lembar
3. Foto  Copy  Kartu KK  1  lembar
4. Pas  foto  3 x 4  hitam  putih  4  lembar
5. Pendaftaran  bersama  Orang  Tua  atau Wali yang jelas.
6. Bersedia  mentaati Program  dan  Tata tertib di  Pondok  Pesantren
7. Bersedia  menerima liburan  1 x  dalam satu  tahun  yaitu pertengahan Ramadlon sampai  dengan  pertengahan Syawal.
8. Membayar  semua biaya  administrasi
9. Pembayaran  uang  Khidmad antara tgl  1 – 10 Bulan Masehi
10. Foto copy KTP bapak dan ibu

Demikianlah sekilas tentang Pondok Pesantren Banu Salamah yang merupakan pondok pesantren khusus tahfidz yang terletak di lereng gunung lawu tepatnya di Tirip Lempong Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. berbatasan dengan wilayah Provinsi Jawa Timur.

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar