Pondok pesantren gratis tanpa biaya di Indonesia

Posted on

pondok pesantren gratispontren.com – Mari tersenyum sejenak. Sepertinya orang Indonesia terkenal dengan kesenangan akan program gratis. Ya mau bagaimana lagi, dengan kondisi ekonomi yang menghimpit serta pekerjaan yang tidak mudah didapat. Selain itu biaya hidup dan harga – harga membumbung, termasuk biaya listrik yang lebih tinggi dibayar oleh masyarakat, kenaikan biaya BPKB maupun STNK, kenaikan pajak bumi dan bangunan, pajak kendaraan bermotor, mobil, jangan lupa juga pajak progresif. Seperti itulah kondisi Indonesia saat ini yang dialami oleh penduduk Indonesia. Semoga segera terjadi perubahan yang lebih baik.

Terkait informasi pondok pesantren yang tanpa biaya alias gratis tidak berbayar bagi anak didik, ada beberapa pondok pesantren yang memiliki program tersebut. Padahal biaya operasional pondok pesantren bisa dikatakan tidaklah sedikit. Terutama menyangkut biaya hidup santri. Dalam hal ini konsumsi asupan gizi bagi para muridnya. Jika diasumsikan setiap bulan biaya makan minum bagi santri sebesar 750 ribu. Maka jika pondok tersebut mempunyai program gratis bagi santri sebanyak 100 orang maka jumlah yang harus dikeluarkan oleh pondok pesantren setiap bulan hanya terkait konsumsi santri adalah Rp. 750.000,- X 100 = 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah/bulan). Bayangkan jika pendapatan anda sebulan segitu. Betapa makmurnya.

Baiklah, kembali tentang pondok pesantren tanpa biaya atau gratis, saat ini ada beberapa pondok pesantren di Indonesia yang mempunyai program gratis bagi santri-santrinya. Ada pondok pesantren yang menggratiskan biaya pendidikan serta memberikan akomodasi konsumsi selama di pesantren (gratis makan) dan adapula pondok pesantren yang memberikan fasilitas pendidikan gratis akan tetapi akomodasi diluar tanggungan pesantren (kebutuhan makan minum sabun dll di tanggung oleh santri)

santri pondok pesantren gratis (ilustrasi)
santri pondok pesantren gratis (ilustrasi)

Ponpes gratis di Indonesia

Pondok pesantren sulaimaniyah di seluruh Indonesia

Sepanjang yang saya tahu lembaga ini adalah pondok pesantren yang dibiayai oleh dana zakat dari muzakki. Adapun yayasan tersebut adalahUnited Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) atau Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam di Indonesia.

Pada tahun 2005 ada Jakarta sudah memiliki 29 cabang di indonesia, yakni di Jakarta, Banten, Aceh, Medan, Surabaya, Kalimantan, Yogyakarta, Semarang, Temanggung, Klaten, Bandung, Sukabumi, Bogor, Palembang, Sumenep, Lumajang, dll. Bahkan pesantren ini memiliki cabang hampir di seluruh dunia, dengan kategori SMP, SMA, Mahasiswa, Tadris dan Tahfizhul Quran

Pondok pesantren Sulaimaniyah ini memiliki fasilitas ijazah pendidikan setara dengan smp, SMA dan ada juga bagi pondok pesantren mahasiswa.

Berikut beberapa alamat pondok pesantren sulaimaniyah di Indonesia

  1. Pesantren Walidah Sultan (Pasar Minggu), Pesantren Sulaimaniyah Jakarta (Pulogadung), Pesantren Sulaimaniyah Duren Sawit (Jakarta Timur) Jakarta
  2. Pesantren Sulaimaniyah La Tahzan Bintaro (Pondok Aren), Pesantren Sulaimaniyah Misykatul Ardhi Bintaro (Pondok Pucung) Banten
  3. Pesantren Sulaimaniyah Nur Ali (Sukabumi),
  4. Pesantren Sulaimaniyah Puncak (Cisarua) Jabar
  5. Pesantren Sulaimaniyah Al Hidayah (Klaten),
  6. Pesantren Sulaimaniyah Nida Al Quran (Temanggung),
  7. Pesantren Sulaimaniyah Al Hikmah Jogja DIY
  8. Jawa Timur: Pesantren Sulaimaniyah Surabaya (Wonocolo),
  9. Pesantren Sulaimaniyah Hidayatul Hasan (Lumajang),
  10. Pesantren Sulaimaniyah Al Karimiyah (Sumenep),
  11. Pesantren Sulaimaniyah Al Munir (Situbondo),
  12. Pesantren Sulaimaniyah Al Ikhlas (Pasuruan) Jatim
  13. Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center (Koto Baro, Aceh)
  14. Pesantren Sulaimaniyah Syarief (Medan), Sumut
  15. Pesantren Sulaimaniyah Farhan Sultan (Medan) Sumatera Utara
  16. Pesantren Sulaimaniyah Palembang (Ilir Barat I) Sumsel
  17. Pesantren Sulaimaniyah Nurul Fikri (Banjarmasin) Kalimantan Selatan
  18. Pesantren Sulaimaniyah Nur Aisyah (Mataram) Nusa Tenggara Baratilustrasi santri ponpes gratis

Pondok Pesantren Gratis di Jawa Barat

DARUL QUR’AN LI-BANAT LI-TAHDZIFIL QUR’AN

Gratis biaya pendidikan 100% bagi santri putri. Merupakan pondok pesantren tahfidz khusus putri yang menggunakan metode Talaqqi Bi al Musyafahah (Face To Face). Memakai Kurikulum lokal dengan mengacu pondok pesantren klasik pada umumnya, secara khusus berkiblat ke Pondok Pesatren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa Tengah. Pondok pesantren ini menggratiskan semua peralatan dan fasilitas yang ada. Sedangkan biaya kebutuhan sehari-hari menjadi tanggungan bagi santri masing-masing (bisa melakukan koordinasi dengan pengasuh)

Alamat : Desa Bendungan No. 24 Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten Subang Jawa Barat. Telpon. 085220786478 – 085216284475ilustrasi santri pontren tanpa biaya

Pondok Pesantren Gratis Jawa Tengah

Ponpes rijalul quran Gunung Pati

Pondok pesantren dengan konsep khusus untuk yatim, piatu, juga kaum duafa. Hanya mensyaratkan santri asal mereka mau menghafal alquran, akan ditampung oleh pesantren ini. Dan bagi para santri tidak dipungut biaya alias gratis. Karena Keterbatasan tempat serta dewan ustadz pengajar, setiap angkatan hanya menerima sekitar 15-25 santri. Selain program gratis, pondok pesantren juga menyediakan ruang bagi yang mampu, akan tetapi tidak banyak dengan perbandingan kira kira 70 santri gratis dan 30 tempat untuk mereka yang mampu.
Alamat : l. Pakintelan 1 RT 02/IV Kel. Pakintelan, Kec. Gunungpati, Kota Semarang – 50229
Telp. : + 62 85 727484543

Pondok Pesantren Gratis di Jawa Timur

Pondok Pesantren Al-Firqoh An-Najiyah Malang

Program MA’HAD ‘ALY TAHFIZHUL QUR’AN (MALTIQ)
Memiliki program BEASISWA 100% Tahfizhul Qur’an selama 2 tahun (Setara Diploma 2) untuk lulusan SMA/MA/Sederajat . tersedia untuk putra dan putri. Menggunakan sistem boarding (asrama). Para Mahasantri akan melaksanakan Hafalan Al-Qur’an dengan target 30 juz selama 2 tahun. Dan dilanjutkan dengan pengabdian selama 1 tahun. Yang di gratiskan oleh lembaga ini adalah biaya pendidikan. Sehingga terkait kebutuhan akomodasi santri menjadi tanggungan masing masing.
Sekretariat Pondok Pesantren :
UTARA PUSDIK ARHANUD, Desa Donowarih, Kec. Karangploso,
Kab. Malang, Jawa Timur Telp. 0341 – 465134

pondok pesantren tanpa biaya (ilustrasi mahasantri)
(ilustrasi mahasantri)

Pondok Pesantren STID Al Furqon Ponorogo

lembaga pendidikan pesantren khusus untuk lulusan SLTA (putra/putri)
Biasanya program gratis ini menerima 10 santriwan dan 10 santri putri. Di didik menjadi sarjana dakwah lulusan s1. Adapun salah satu syarat untuk diterima adalah minimal hafal 1 juz.
Jl. Tirtotejo No. 18C Cokromenggalan Ponorogo

Untuk sementara ini dulu informasi nya. Kalau ada tambahan informasi semoga kami tidak lupa untuk segera menambahkan

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar