sebab santri ngantuk tidur dikelas pesantren

Posted on
santri ngantuk di kelas (ilustrasi)
santri ngantuk di kelas (ilustrasi)

pontren.com Alasan sebab santri banyak ngantuk dan tidur dikelas pada pondok pesantren
Bagi yang pernah menjadi santri di pondok pesantren ataupun ustadz guru pengajar pada ponpes, kadang sudah menjadi jamak lumrah para siswa di kelas banyak yang terserang dengan rasa kantuk bahkan sampai dengan tertidur. Dan kadang-kadang sampai parah ngiler atau keluar air liur saking pulas tertidur di ruang kelas.

Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa hal ini menjadi umum banyak terjadi pada lembaga yang berupa pondok pesantren ataupun asrama? Apa penyebabnya? Dan kenapa bisa begitu? Apa saja yang mempengaruhinya serta adakah solusi untuk meminimalisir kasus kejadian ngantuk dan ketiduran di waktu pelajaran.

Metode dalam membuat artikel tentang kondisi atau adat santri mengantuk di kelas adalah dengan cara bertanya, browsing dengan keyword santri ngantuk, penyebab kantuk dan semacamnya. Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan bertanya kepada seorang dokter. Beliau alumni pondok pesantren dan mengenyam pendidikan selama 6 tahun di ponpes sebelum melanjutkan ke Universitas Fakultas Kedokteran pulau Sumatera dan melanjutkan ke spesialis di Solo. Selanjutnya dengan cara surfing ke beberapa situs yang sekiranya kita dapatkan informasi terkait korelasi santri, mengantuk dan asupan gizi.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan santri mengantuk bisa jadi salah satu atau kombinasi dari beberapa hal dibawah ini

Kurang tidur

Pada beberapa pondok pesantren, ada yang menjadikan kegiatan mujahadah sebagai salah satu program yang wajib diikuti oleh setiap santri, bisa dikatakan kegiatan mujahadah di lakukan di saat larut malam dengan kisaran diatas jam 22.00 WIB. Atau juga ponpes yang membuat program sholat malam sebagai agenda harian untuk para siswa. Umumnya kisaran jam 01.00 WIB atau 02.00 WIB. Dengan kegiatan ini menjadikan santri melek malam dan diharuskan bangun pagi untuk sholat subuh.

Kurang Gerak

Pada waktu pelajaran di kelas, para santri secara mayoritas kegiatan adalah duduk di kursi bangku kelas masing – masing. Dengan kegiatan yang monoton hanya duduk menjadikan mengantuk. Kenapa kurang gerak menjadikan seseorang mengantuk? Hal ini terjadi bahwa kondisi mengantuk merupakan sinyal atau pertanda kepada dari alam bawah sadar manusia bahwa fisik mengalami keadaan kurang gerak.

santri belajar di kelas
santri belajar di kelas

Kekurangan suplai Oksigen (02) ke otak

Secara fisik, salah satu penyebab rasa kantuk menyerang adalah otak mengalami kekurangan oksigen. Diinfokan bahwa pada siang hari, 02 ke otak sudah berkurang, dengan kurangnya oksigen di otak membuat rasa kantuk menyerang. Selain kondisi siang hari yang membuat oksigen di otak berkurang, hal lain yang membuat otak berkurang secara oksigen salah satunya adalah porsi makan yang berlebihan. Karena oksigen banyak digunakan untuk mengurai asupan yang masuk sehingga suplai oksigen kurang merata.

Bosan

Adakalanya pengajar dalam menyampaikan materi hanya biasa biasa saja alias tidak bisa menghidupkan suasana kelas. Dengan kondisi suasana kelas yang monoton menjadikan kebosanan menghingapi anak didik. Berlanjut memberikan dampak kepada kurang gerak oleh para santri. Dan hasil akhir yang di dapat adalah alam bawah sadar mengirimkan sinyal kepada tubuh bahwa anggota badan mengalami keadaan kurang gerak. Sinyal yang dikirimkan yaitu rasa kantuk. alam penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti asal Jepang ini, rasa kantuk saat bosan tak berkaitan sama sekali dengan kebiasaan tidur di malam hari. Pasalnya, sekalipun Anda memiliki tidur malam yang cukup, saat bosan Anda akan tetap merasakan kantuk. Menurut penelitian dari Jepang (orang-orang dari International Institute for Integrative Sleep Medicine) pada Univ. Tsukuba serta Dept. Farmologi pada School Of Basic Medical Sciences Universitas Fudan, Bahwasanya bosan merupakan hal dimana otak tidak memiliki cukup rangsangan pada pusat motivasi dan kesenangan. Dan pada dasarnya otak manusia sangatlah senang dengan sesuatu yang membuat senang. Dengan kurangnya stimulus rangsangan yang menyenangkan menjadikan kondisi fisik menjadi lemah terserang ngantuk.

Kekenyangan

Seperti disebutkan diatas perihal oksigen ke otak, bahwasanya oksigen berperan juga dalam mengurai makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan banyaknya makanan yang masuk di tubuh manusia membuat keperluan penguraian makanan menjadi bertambah, termasuk menyebabkan metabolisme tubuh yang mengurus sistem pencernaan melakukan tugasnya. Kegiatan metabolisme ini berdampak kepada aliran darah menjadi terpusat ke usus guna proses makanan untuk dicerna. Akibatnya kadar darah ke otak tidak terpenuhi secara baik. Seperti yang ditulis oleh wikipedia bahwasanya pembuluh darah vena banyak membawa oksigen. Dengan pemerataan oksigen bisa berdampak pada kurangnya pengiriman oksigen ke otak yang membuat otak mengalami kurang oksigen. Berdampak pada timbulnya rasa kantuk.

mayoran santri pondok pesantren
mayoran santri pondok pesantren

Kurang Nutrisi dan Gizi

Rebecca Scritchfield, seorang ahli diet serta kebugaran, yang memenangkanpenghargaan (Academy of Nutrition and Dietetics “Ahli Diet Muda Tahun Ini”, Washingtonian, Top Nutritionist) menyebut faktor makanan adalah penyebab utama kurangnya energi dan cepat lelah seseorang. Dia mengatakan jika waktu tidur sudah sesuai dengan saran alias pola tidur yang normal dan tepat, kemudian latihan fisik (olahraga) tercukupi, maka hal selanjutnya adalah untuk memeriksa asupan gizi serta pola diet. Dalam catatan kecil dia terhadap para …. Disebutkan ada 2 komponen nutrisi penting yang hilang. Adapun komponen asupan yang sering tidak ada dalam menu mereka adalah :

Kurang Vitamin B

banyak orang yang kurang dalam konsumsi vitamin B yang sering didapatkan dari kacang-kacangan, buah, biji-bijian, susu maupun sayur mayur.

Kurang Zat Besi.

Salah satu peran Nutrisi adalah membawa oksigen ke seluruh sel di dalam tubuh. Pendapat dari Rebecca Scritchfield, makanan seperti daging merah, ayam, kacang, dan telur akan mempengaruhi langsung kebutuhan energi harian. Menurut pengamatan dia, kaum hawa cenderung kurang akan zat besi ini. Adapun zat besi banyak dihasilkan dari mengkonsumsi telur, daging ayam, daging merah serta kacang.

gizi cukup menjadi penunjang pendidikan

Saran yang simpel dari seorang ahli diet dan kebugaran ini adalah dengan cara makan teratur dan tidur yang cukup akan membuat energi kembali terisi dan keadaan fisik terasa lebih prima.

Dari kesimpulan diatas, dengan tersendatnya peran nutrisi membawa oksigen ke sel-sel tubuh mestinya membuat otak juga berkurang dalam suplai oksigen dan berakibat menjadi ngantuk.

Kelas yang Homogen (Satu kelas laki laki semua atau perempuan semua)

Entah mungkin ini juga sebagai salah satu yang menyebabkan rasa bosan menghingapi anak-anak. Umumnya pontren memisahkan kelas antara anak pria dengan perempuan. Satu kelas berisi jenis kelamin laki laki semua atau sebaliknya yaitu keseluruhan berupa anak perempuan. Dengan kondisi seperti ini jadi tidak ada pikiran untuk ngecengin lawan jenis atau apalah kegiatan para anak baru gede sekarang. Dan juga tidak ada rasa malu ataupun gengsi jikalau tidur dikelas karena tidak akan diperhatikan oleh lawan jenis ataupun gebetan. Jadi kondisi kelas yang homogen membuat santri tidak memiliki fikiran usil untuk menjaga image ataupun untuk mencari perhatian kepada lawan jenis. Menjadikan fokus pikiran hanya terarah kepada pendidik. Dengan hanya fokus kepada kegiatan sehingga kebosanan menghingapi pikiran. Disaat bosan berpengaruh kepada kondisi kurang gerak. Kurang gerak fisik membuat otak mengirimkan sinyal kepada badan bahwasanya tubuh sedang kurang gerak. Seperti diatas tertulis bahwa sinyal yang dikirmkan adalah rasa kantuk 😀 .

data EMIS Santri Pondok Pesantren
data EMIS Santri Pondok Pesantren

Kondisi fisik yang sakit

Bisa jadi sakit karena kurang darah ataupun yang lain. Adapun beberapa penyakit yang mengakibatkan ngantuk antara lain adalah :

Anemia
Diabetes
Hipotiroid
Depresi/stress
Dehidrasi
Penyakit Jantung

Demikian analisa beberapa hal yang menjadikan kemungkinan alasan kenapa ada beberapa santri yang menguap di kelas ataupun ngantuk dan ada juga yang tidur. Dan yang paling parah adalah tertelap dan mengalirkan zat cair dari mulutnya. Untuk solusi supaya berkurang jumlah santri yang tidur di kelas bisa browsing di internet.

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar