Logo Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Wustha Ulya

Posted on
ilustrasi santri madin
ilustrasi santri madrasah diniyah takmiliyah

Pontren.com Bagi suatu lembaga, entah apapun suatu lembaga, biasanya memiliki logo sebagai identitas lembaga yang dimiliki. Logo ini biasanya tercantum dalam kop surat dan tidak sedikit pula yang stempel juga ada logo lembaga.

Kegunaan Logo Madrasah Diniyah Takmiliyah

Dengan adanya logo ini menjadi identitas suatu lembaga, dan sebagai brand serta sebagai pembeda dengan yang lainnya. Membedakan diri dengan organisasi atau lembaga yang lain baik suatu lembaga yang sejenis ataupun lembaga yang bergerak dibidang yang berbeda. Dalam hal ini menjadi identitas Madrasah Diniyah Takmiliyah sebagai lembaga non formal yang bergerak di bidang pendidikan dan khususnya pendidikan Keagamaan Islam.

Bagaimana dengan logo Madin? Secara juknis ataupun pedoman penyelenggaraan pendidikan madrasah diniyah takmiliyah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, bahwasanya tidak diatur tentang logo madrasah diniyah takmiliyah. Dengan ketiadaan aturan yang mengikat ini maka tidak ada larangan apapun dalam pembuatan, model, bentuk atau apapun berkaitan dengan logo madin.

Meskipun tidak ada yang mengikat dalam logo madin, pastinya ada asas kepantasan dalam pemilihan logo madrasah diniyah takmiliyah, tidak patut juga jika logo madrasah diniyah takmiliyah bergambar pistol ataupun alat kontrasepsi.
Aturan Tentang Logo Madrasah Diniyah Takmiliyah

Setelah browsing tentang logo madrasah diniyah takmiliyah, akhirnya didapati kesimpulan tentang ketiadaan kewajiban memakai logo tertentu. Akan tetapi dengan adanya orang yang browsing mencari contoh logo bagi madin, akhirnya kami menyarankan terkait dengan logo madrasah diniyah takmiliyah sebagai berikut :

Contoh Logo Madrasah Diniyah Takmiliyah

Logo dibuat dengan mengacu kepada logo yayasan yang menaungi lembaga madrasah diniyah tersebut.
Membuat logo mengacu kepada logo FKD T yaitu Logo milik Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliyah dengan melakukan beberapa penyesuaian untuk keselarasan antara lembaga dengan logo.

berikut contoh logo fkdt

logo fkdt

berikut contoh logo madin awwaliyah

LOGO MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH awaliyah
LOGO MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH awaliyah

 

berikut contoh logo madin wustha

logo madrasah diniyah takmiliyah wustha

berikut contoh logo madin ulya

logo madrasah diniyah takmiliyah ulya

Harapan tentang logo madin sebagai identitas lembaga

Di harapkan kedepan, logo Madrasah diniyah takmiliyah bisa disamakan secara umum (tentunya kecuali nama, alamat dan yang terkait) sehingga ada perasaan sama dan kebersamaan yang kuat antara pengelola madrasah diniyah takmiliyah. Selain itu juga ada ikatan emosional walaupun tidak ada perkenalan sebelumnya

Selain adanya ikatan emosional, dengan keseragaman bentuk dan logo madrasah diniyah, diharapkan menjadi promosi dan pengenalan kepada masyarakat secara masif, dengan hanya melihat logo, masyarakat sudah bisa mengenali bahwa lembaga tersebut merupakan penyelenggara madrasah diniyah takmiliyah. Entah itu Ula, Wustha maupun Ulya.

baca : Logo TPQ, Fungsi, aturan dan penggunaannya

baca : contoh tata tertib santri ustadz madrasah diniyah takmiliyah

baca : administrasi dan struktur tata kelola madrasah diniyah takmiliyah

Akan lebih kuat dan mengena lagi jika ada kesepakatan di Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah terkait dengan logo lembaga madin dan persamaan persepsi serta ada filosofi dan penjelasan sehingga lebih kuat mengakar dalam lembaga madrasah diniyah takmiliyah.
Jika memiliki ide terkait dengan logo madin baik MDA MDW maupun MDU atau juga MDTA, MDTW, termasuk MDTU, silakan meninggalkan jejak dan saran guna kebaikan lembaga madrasah diniyah dalam mengembangkan, meningkatkan serta mempunyai posisi tawar menawar yang kuat di dalam memberikan tambahan khazanah pendidikan dan keilmuan di Indonesia.

Artikel ini dibuat supaya bisa memberikan ide kepada pengelola lembaga madrasah diniyah takmiliyah dalam membuat atau menentukan logo lembaga madin. selain itu semoga bisa menjadi ajang berdiskusi dan komunikasi terkait logo pada madin yang belum ada pembicaraan maupun kesepakatan.

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar