Jam Kerja KUA Kantor Urusan Agama

Posted on

pontren.com Kantor urusan agama merupakan Unit Kerja yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) dimana hampir setiap kecamatan di Indonesia terdapat Kantor ini. Hal yang diketahui oleh masyarakat umum adalah Kantor Urusan agama melakukan pelayanan terhadap pernikahan atau ijab. Dimana pada saat ini jika prosesi ijab atau pernikahan dilakukan di kantor maka tidak ada pungutan biaya alias nol rupiah (Rp. 0,-)

ilustrasi pegawai KUAJika pelaksanakan pernikahan dilakukan di luar kantor, biaya yang dibayarkan kepada kas negara sebesar Rp. 600.000,-. Dimana pembayaran ini dilakukan lewat transfer bank yang sudah ditunjuk. Bagaimana dengan uang sangu untuk penghulu yang menikahkan? Secara aturan setelah membayar 600 ribu maka pihak mempelai tidak perlu lagi memberikan uang tambahan kepada pihak penghulu karena sudah diambilkan dari pembayaran sebesar 600.000,-. Bagaimana jika ada tambahan biaya diluar biaya nikah sebesar 600.000?

kemungkinan ada dua yaitu :Adanya tarikan dana diluar dari instansi kemenag. Misalnya dari kelurahan ada biaya untuk pembayaran surat pengantar dari RT atau RW yang diatur oleh masing masing wilayah atau lokasi. Adanya oknum yang berperilaku kurang pantas sehingga meminta uang tambahan diluar pembayaran yang di tetapkan. Jika anda menginginkan konsultasi atau untuk melakukan kepengurusan dalam pernikahan atau bahkan pelaksanaan ijab qobul nikah, sebaiknya mencermati jadwal jam kerja di Kantor Urusan Agama, supaya tidak kecele karena kondisi sedang tutup atau libur.

Jam Pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA)

Berdasarkan PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 45 TAHUN 2015 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTER! AGAMA NOMOR 28 TAHUN 2013 TENTANG DISIPLIN KEHADIRAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA ditetapkan bahwa Setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Kementerian Agama wajib memenuhi jam kerja 7,5 (tujuh koma lima) jam perhari a tau setara dengan 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam dalam seminggu.

(1a) Pada jam kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1), PNS wajib berada di kantor j tempat kerja. (2) Jam kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan ketentuan:

a . Hari Senin sampai dengan hari Kamis hadir dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.00, dengan waktu istirahat dari pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.00;

b. Hari Jum’at hadir dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.30, dengan waktu istirahat dari pukul 11.30 sampai dengan pukul 13.00.

sedangkan untuk hari Sabtu dan Ahad adalah libur.

berikut adalah screen shoot dari peraturan tentang jam kerja di lingkungan Kemenag.

jam kerja KUA Kemenag

Dengan begitu pelayanan kemenag yang sampai sore bahkan di hari jumat sampai dengan jam setengah 5 maka diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan secara maksimal dalam mengurus surat menyurat dan administrasi pernikahan ataupun yang terkait. Dan disarankan untuk tidak mendatangi KUA pada hari Sabtu maupun Ahad karena secara administrasi kantor sedang tutup karena libur.Beberapa hal pegawai KUA tidak ada semuanya.

baca : Cek keberangkatan Haji

baca : Prosedur Pendaftaran TPQ di Kemenag

Kadang kala satu tempo terjadi dimana ada warga atau masyarakat yang ingin melakukan konsultasi atau mengurus surat pernikahan mendatangi KUA, akan tetapi walau pada hari kerja ternyata kantor dalam kondisi tutup atau kosong. Beberapa kemungkinan yang terjadi adalah :

  1. Karena pegawai KUA yang di daerah kecil atau terpencil hanya mempunyai personel terbatas sedang melakukan dinas luar semuanya. Misalnya pada bulan zulhijjah dimana pernikahan di daerah jawa sedang banyak-banyaknya sehingga jumlah personel dengan jumlah pernikahan yang tidak sebanding menjadikan semua pegawai melakukan tugas untuk menjadi penghulu di luar. Selain itu bisa jadi sedang menghadiri kegiatan di Kantor Kabupaten atau Provinsi.
  2. Sedang makan siang, atau pada saat istirahat. Dimana waktu istirahat siang adalah masa untuk mengisi kebutuhan badan, dan dengan kepulangan yang sore hari membuat pegawai di KUA makan diluar. Bisa jadi karena kebersamaan dan sedang istirahat menjadikan orang di KUA bareng bareng bersama untuk makan.
  3. Anda sedang apes. Jika ternyata KUA kosong karena keterbatasan personel dan para personel mempunyai tugas masing masing dan juga keperluan keluarga.Demikian tentang jam kerja KUA di mana berada.

Bisa jadi ini merupakan jam kerja KUA di seluruh Indonesia, baik itu DIY, Jawa Tengah, Jawa Barat maupun di Kecamatan kecamatan wilayah setempat.Untuk mengetahui secara lengkap dan detail tentang jam kerja KUA maupun pegawai di lingkungen Kementerian Agama, bisa di download KMA terkait tentang jam kerja yaitu pada PMA NOMOR 45 TAHUN 2015 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI AGAMA NOMOR 28 TAHUN 2013 TENTANG DISIPLIN KEHADIRAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA

Download PMA NOMOR 45 TAHUN 2015

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar