Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia dari berbagai segi

Posted on

pontren.com Pada saat ini pendidikan pondok pesantren sudah mendapatkan tempat di kalangan tertentu yang memandang agama sebagai hal yang penting dalam kehidupan. Selain pertimbangan agama, ada juga beberapa orang tua yang merasa kemampuan diri dalam mendidik agama dirasa kurang sehingga memilih ponpes untuk kelanjutan anak. Pun kesibukan kadang kala menjadi salah satu alasan menjadikan pontren sebagai lokasi pendidikan, dimana dengan kesibukan yang dimiliki sehingga mengakui waktu yang sedikit dalam mengawasi dan menemani anak dalam hal sekolah. Sehingga meyakini pendidikan pondok pesantren merupakan pilihan yang tepat daripada sekolah di sekitar rumah dan tidak terawasi karena kesibukan.

pondok pesantren terbaikDan menjadi hal lumrah saat ini adalah memilih pondok pesantren terbaik guna pendidikan. Seandainya biaya bukan masalah maka akan dikejar kualitas tertinggi yang menyediakan sarana prasaran, metode mengajar dan terkait yang lain. Akan tetapi tidak mesti semua yang berkualitas adalah hal yang sangat mahal. Banyak pondok pesantren yang berusaha supaya biaya terjangkau dengan pelayanan yang maksimal guna keterjangkauan orang tua menyekolahkan anak di pesantren.

Setelah mengunjungi dan browsing serta melakukan olah pikiran tentang beberapa pondok pesantren yang diketahui, dengan pertimbangan kualitas alumni, pelayanan pendidikan, model pembelajaran, prestasi-prestasi yang di capai oleh santri, berikut adalah beberapa pondok pesantren terbaik menurut pontren.com yang di bagi berdasarkan pondok pesantren modern, pondok salaf Nahdlatul Ulama, dan pondok pesantren salafy.

Dalam hal pemilihan kata terbaik ini adalah bukan dalam artian yang paling baik, akan tetapi menurut pontren.com adalah memiliki kelebihan dalam bidang tertentu dan bisa menjadikan orang tua untuk memilih pondok dimaksud sebagai tempat menitipkan ananda. Selain itu ini merupakan klasifikasi subjektif penulis berdasarkan wawancara alumni, ada juga yang pengamatan langsung serta menimbang fasilitas pesantren dan juga kiprah alumni yang diketahui. Selain itu urutan bersifat random dimana yang berada di urutan atas tidak mesti lebih baik dari yang dibawahnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa tulisan pondok pesantren terbaik ini adalah pondok pesantren terbaik versi penulis berdasarkan hasil wawancara, pengamatan langsung, pertimbangan kiprah santri pada kejuaraan tingkat provinsi atau kabupaten, fasilitas dan metode pendidikan.

Pondok Pesantren terbaik versi pontren dot com

Pondok Pesantren NU Terbaik

Pondok Pesantren Mathali’ul Falah Kajen Pati

Pondok pesantren terkenal yang berlokasi di Kajen Pati ini merupakan pondok pesantren NU yang berprestasi baik tingkat provinsi maupun nasional. Terbukti dari konsistensi Kabupaten Pati yang mewakili Jawa Tengah di pentas nasional. Dimana pondok yang biasa di sebut Matole’ ini sebagai penyangga utama Kabupaten Pati dalam maju di Pentas Provinsi.

Dari informasi, bahwasanya kenaikan kelas di pondok ini memiliki disiplin yang tinggi, yaitu bilamana santri tidak hafal nazaman yang di tentukan maka bagaimanapun nilai yang dimiliki akan tetap tinggal kelas. Sehingga dengan sistem seperti ini memacu santri untuk tidak bersantai ria dan bermain saja. Menjadikan siswa terpacu untuk menghafal nazaman yang sangat berguna bagi kemampuan bahasa arab guna memahami Ilmu Agama.

Selain nazaman sebagai syarat kenaikan kelas, Karya Tulis berbahasa arab menjadi syarat mengikuti ujian cawu 2 pada tingkat Madrasah Aliyah. Dengan adanya kewajiban membuat karya tulis bahasa arab membuat santri mau tidak mau berusaha sebisanya untuk menulis dan memperdalam bahasa Arab. Dengan begitu bisa dikatakan kebaikan yang tersistem menjadikan santri menjadi lebih giat belajar dan mendalami dunia tulis menulis.

Masih Banyak lagi kelebihan pondok pesantren ini sehingga nanti memerlukan pembahasan tersendiri sebagai profil pondok pesantren.

Pondok Pesantren Al Mubaarok Wonosobo

Pada saat kegiatan hubbul wathon di Wonosobo, ditempatkan di Pondok Pesantren Al Mubaarok Wonosobo. Pengalaman di al Mubaarok Manggisan Wonosobo, merupakan pondok pesantren yang penataan secara sanitasi dan jadwal kegiatan mengajar dengan sangat baik, serta komunikasi dengan masyarakat sekitar yang perlu di contoh. Selain itu dari segi model pembelajaran, pondok pesantren ini menyediakan pendidikan dari pendidikan setingkat SLTP yang menggunakan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha dan setingkat SMA (PDF ULYA). Selain itu juga memiliki Pendidikan tinggi yang bernama Ma’had Aly Al Mubaarok.

Yang membuat saya memasukkan pesantren ini adalah tentang manajemen pendidikan dan juga penjadwalan kegiatan serta bagaimana mengolah kebersihan pondok pesantren yang representatif untuk kegiatan belajar mengajar. Dan hal yang lain nampak kedisiplinan para santri dan juga pengorganisasian yang baik dan juga berjalan dari jalur ustadz sampai dengan pengurus pondok pesantren (dari santri). Bukti administrasi yang baik adalah adanya parameter jadwal yang jelas, sanksi bagi yang melanggar secara terukur.

Secara Biaya, bisa dikatakan untuk menyekolahkan pendidikan disini adalah terjangkau bagi kalangan menengah kebawah.

PPTI Al Falah Salatiga

kegiatan pesantren

Salah satu pondok pesantren yang menerima mahasiswa sebagai santri. Pondok pesantren ini tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Hanya sebagai pondok pesantren tempat santri mengaji, dimana para santri sekolah di luar pondok pesantren baik di SMP SMA atau Aliyah SMK maupun sebagai Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Yang menjadikan pemilihan termasuk yang terbaik di kalangan pondok pesantren adalah manajemen pondok pesantren yang mengarahkan santri sesuai minat dan bakat, dimana para santri difasilitasi bagi yang ingin meningkatkan kemampuan jurnalistik, enterpreneur dan juga kerjasama yang baik dengan berbagai instansi. Sehingga akses untuk memajukan para santri secara kemampuan baca kitab dan dibekali dengan kemampuan enterpreneur dan bakat serta minat. Untuk lebih detail tentang PPTI silakan dibaca di Profil Pondok Pesantren PPTI Al Falah Salatiga.

Pondok Pesantren Salafy Terbaik

Pondok Pesantren Al Irsyad Kabupaten Semarang

Salah satu pondok pesantren yang memiliki nama di Indonesia adalah al Irsyad Salatiga. Dimana sudah menghasilkan banyak alumni. Dari segi prestasi lomba tingkat provinsi dan Nasional, Al Irsyad merupakan penyangga utama Kabupaten Semarang mendulang juara dalam lomba MQK. Dimana seringnya Kabupaten Pati dan Kabupaten Semarang sering menjadi juara satu dan juara dua. Dan pondok matholi’ul Falah dan Al Irsyad sering sebagai penyumbang piala yang konsisten.

Pada saat mengunjungi pondok pesantren al Irsyad, bisa dikatakan memiliki lingkungan yang bersih, fasilitas yang representatif, selain itu ada bonus dari alam berupa kesejukan dan cuaca yang tidak panas. Menjadikan anak yang alergi daerah panas bisa sekolah nyaman di pondok pesantren ini. Selain itu seorang rekan menjatuhkan pilihan ke pondok pesantren ini setelah melakukan survey ke beberapa pondok pesantren.

Dari keterangan salah seorang pimpinan pondok pesantren, jumlah pendaftar melebihi jumlah kapasitas yang ada sehingga tidak semua pendaftar tertampung. Prakiraan adalah jumlah yang tersedia adalah 300 sedangkan jumlah pendaftar mencapai 1.000. sehingga minimal sang anak harus mengalahkan 700 santri (ilustrasinya sang anak harus berada di ranking minimal 300 radi 1.000 pendaftar sehingga sang anak bukan hanya harus mengalahkan 1 banding 3 akan tetapi harus berada diatas 700 anak yang lain.)

Pondok Pesantren Imam Bukhari Karanganyar

Salah satu pondok pesantren yang relatif muda di Indonesia adalah Pondok Pesantren Imam Bukhari, pemilihan pondok pesantren ini berdasarkan pertimbangan Muadalah dari Jamiah Al Madinah KSA (universitas di Saudi arabia). Muadalah adalah pengakuan Ijazah Ponpes Imam Bukhari dari universitas tersebut. Salah satu prestasi yang beberapa tahun rutin adalah mengirimkan wakil lomba membaca kitab ke tingkat nasional. Dan kadang juara satu atau dua di pentas nasional. Selain itu, pada tahun ajaran 2016/2017, ada sebanyak 29 santri yang melanjutkan pendidikan ke KSA Al Madinah Saudi Arabia.

Bagaimana persaingan dalam pendaftaran di pondok pesantren Imam Bukhari? Menurut KH Mu’thi Ali (pimpinan pondok pesantren Imam Bukhari) bahwasanya dari 700 pendaftar, kursi yang tersedia sebanyak 300). Dengan pembagian 50 untuk tingkat SMA dan 250 bagi santri setara SMP.

Pondok Pesantren Darun Najah

Pondok pesantren yang memiliki banyak fasilitas dan kegiatan dari mulai tahfidz, keahlian bahasa arab dan inggris serta olahraga dan juga desain pendidikan guna hasil yang maksimal

Pondok Pesantren Modern Terbaik

Pondok Pesantren Darussalam Gontor

Dari segi sejarah, alumni maupun kiprah secara nasional. Tidak banyak yang perlu di jabarkan tentang pondok pesantren ini. Untuk mengetahui lebih detail kegiatan sehari hari dan fasilitas pondok pesantren Modern darussalam gontor bisa dibaca di Profil Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor

Pondok Pesantren Hadil Iman ( MAN PK Program Khusus) MAN 1 Surakarta

Sebenarnya secara teknis MAN PK awalnya bukan pondok pesantren, akan tetapi karena kepentingan lomba diberikan piagam sebagai pondok pesantren. Dan secara kenyataan memang memenuhi syarat sebagai pondok pesantren, dimana siswa nya juga mukim di asrama dan diberikan pembelajaran kitab. Di MAN PK banyak guru guru yang mumpuni dan kyai kyai yang hebat dari berbagai back ground. Ada yang dari NU, dari Muhammadiyah dll. Dan juga Kyai yang dituakan di Tentara. Banyak alumni luar negeri yang menjadi pengajar di sekolah ini.

Walaupun termasuk kecil dalam skala jumlah murid (1 kelas putra dan 1 kelas putri) di setiap angkatan, bisa dikatakan bahwa alumni dari sekolah ini tidak mengecewakan. Misalnya juara debat tingkat provinsi mewakili jawa tengah (akan tetapi batal mewakili karena pesertanya di terima melanjutkan pendidikan ke Mesir). Dan umumnya setiap tahun alumni sekolah ini ada saja yang melanjutkan ke timur tengah. Kemudian banyak alumni yang menjadi Dosen maupun PNS, salah satunya angkatan 1998 yang mana hampir setengah dari lulusan angkatan ini menjadi PNS.

Beberapa orang yang cukup di kenal alumni dari sekolah ini yaitu Habiburrohman el Shirazy, pengarang ayat ayat cinta, kemudian pengamat politik yang bergerak di bidang survey yaitu Burhanuddin Muhtadi.

Demikian pendapat penulis tentang pondok pesantren terbaik yang diketahui disertai alasan pemilihan kenapa menurut saya layak disebut sebagai pondok terbaik. Bagi yang memiliki pendapat berbeda tentunya sangat dipersilakan, seperti dari awal bahwa ini merupakan pendapat subyektif penulis atas dasar berbagai segi.

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar