Logo TPQ, aturan dan Fungsi

Posted on

pontren.com Anda mengelola lembaga TPQ? Atau anda akan mendirikan lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an? Kalau anda salah satu dari kedua hal diatas biasanya anda akan memerlukan surat menyurat guna keperluan administrasi. Dan dalam surat tersebut biasanya memiliki KOP yang mencantumkan nama lembaga, alamat lembaga serta logo lembaga Taman pendidikan Al Qur’an.

Pengertian Logo

Sebelum berbicara lebih jauh tentang Logo pada Taman Pendidikan Al Qur’an, ada baiknya kita mengetahui apa sih yang di maksud dengan logo? Secara bahasa, Logo berasal dari Yunani yaitu Logos, yang memiliki arti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Awal mulanya logotype lebih populer dibanding dengan kata logo. Sedangkan secara istilah, menurut Rustan, (2009: 12) adalah tulisan nama entitas yang didesain secara khusus dengan menggunakan teknik lettering atau memakai jenis huruf tertentu logotype adalah elemen tulisan saja.

baca : Mars dan Hymne TPQ

baca : Kartu Prestasi dan Hafalan Santri TPQ

Jenis Logo dan Macamnya

Masih menurut rustan, ada 4 (empat) jenis dari logo yaitu :

  1. Berbentuk huruf (Alphabet ataupun huruf yang lain);
  2. Lambang-lambang, angka-angka (Symbols, numbers);
  3. Bentuk yang serupa dengan objek aslinya (Concreate forms);
  4. Bentuk abstrak (Abstract forms).

Fungsi Logo dan Kegunaannya

Dan dalam kegunaan serta fungsi dari suatu logo, menurut Rustan juga ada 4 faidah. Adapun faidahnya adalah :

  • Sebagai Identitas diri. Untuk membedakannya dengan identitas milik orang lain
  • Untuk Tanda kepemilikan. Untuk membedakannya dengan milik orang lain
  • Tanda jaminan kualitas
  • Mencegah peniruan/ pembajakan.

Logo TPQ, penggunaan dan aturannya

standar nasional TPQ
buku standar nasional TPQ

Dari berbagai buku yang terkait dengan pelaksanaan dan pedoman pelaksanaan TPQ, sampai dengan saat ini kami tidak menemukan aturan tentang aturan yang mengikat atau mengharuskan TPQ di Indonesia untuk memakai suatu logo tertentu, atau mencantumkan kata atau gambar ataupun sesuatu tulisan pada logo lembaga TPQ. Sehingga bisa dikatakan bahwa terkait logo TPQ diserahkan kepada masing-masing lembaga tentunya dengan asas kepatutan dan kepantasan suatu lembaga yang Islam yang berada di Indonesia.

Umumnya logo suatu TPQ mengacu kepada logo dimana yayasan yang menaunginya, atau masjid lokasi lembaga, bisa juga mengacu dari TPQ yang lainnya. Bagi suatu TPQ yang belum memiliki ide untuk logo lembaga, guna keseragaman logo TPQ se-Indonesia, kiranya logo dibawah ini bisa dijadikan acuan sebagai logo pada KOP Lembaga Taman Pendidikan Al Qur’an yang anda kelola ataupun akan anda buka. Dimana logo ini berbentuk persegi panjang memanjang keatas dengan bagian atas kir kanan dibuat membulat, tulisan Taman Pendidikan Al – Qur’an ditulis dari bawah kiri melingkar sampai kanan melingkari kotak miring dengan tulisan Al Qur’an menggunakan tulisan huruf hijaiyah dengan ornamen tertentu. Pada bagian bawah terdapat kotak yang berisi kolom nama dan alamat TPQ. Adapun penampakannya seperti dibawah ini.

Logo TPQ
Contoh Logo 1

contoh Logo TPQ yang lain dengan format sama dengan perbedaan nama TPQ maupun alamat

Logo Taman Pendidikan Al Qur'an
contoh logo TPQ 2
loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

2 thoughts on “Logo TPQ, aturan dan Fungsi

  1. loading...

Silakan berkomentar