Resep sayur gewos masakan gewas khas wonosobo

Posted on

Pada waktu mengunjungi daerah wonosobo, tepatnya di Manggisan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, dipagi hari mencari sarapan pada lokasi dekat pertigaan, kalau lurus menuju dieng, kalo ke kanan menuju pondok pesantren al Mubaarok.

Kesan Pertama makan sayur Gewos

Disitu tersedia beberapa menu sayur dan lauk pauknya. Akhirnya coba coba aja rata (cipto=icip-icip roto). Pada saat mengambil salah satu sayur yang berwarna hijau agak kusam, dengan model iris iris panjang kecil, diberi tahu bahwa itu adalah makanan atau sayur khas dari wonosobo. Disebutkan dibuat dari kubis. Tidak mengira bahwa sayuran ini berbahan baku utama dari kobis.

loading...

Setelah selesai maem hidangan (saat itu saya mengambil nasi, sayur gewos, ada yang menyebutnya gewas, kemudian sayur telur, dan juga krecek). Saya menilai menu masakan orang wonosobo enak dan mantab untuk dinikmati. Cocok di lidah saya (area solo raya). Selain itu gewas yang merupakan makanan asing bagi saya juga enak dan sedap di makan serta matching dengan lauk pauk yang lainnya.

baca : pengalaman piknik di kawah sikidang pegunungan dieng Wonosobo

Secara harga, untuk warung makan ataupun restoran di daerah wonosobo menurut saya cocok di lidah dan bersahabat dengan kantong. Empat orang dengan menu sayur plus lauk (ayam/telur) serta minum Kopi dan teh hangat di tebus dengan harga kisaran 60 ribu rupiah.

Resep membuat jangan gewos wonosobo

Penasaran dengan sayura gewos ini saya mengirimkan whatsapp kepada orang wonosobo bertanya tentang resep memasak sayur gewos khas wonosobo. Dan setelah beberapa saat di balas tentang resep masakan gewas oleh beliau nya. Adapun resep versi dia (dia mengatakan bahwa bisa memasak gewas porsi kecil, kalau gewos versi banyak dia angkat tangan). Memasak gewas ternyata sederhana dan tidak berbelit. Cukup sediakan bahan baku nya. Untuk mengolahnya sepertinya bukan masalah karena seperti memasak sayuran pada umumnya.

Bahan bahan membuat sayur gewos

3 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
+- 200 gram Kobis Jawa dipotong-potong kasar(ini yang agak langka)
Bawang merah bawang putih (5-7 butir/secukupnya/selera)
Sedikit Kemiri Kencur
Daun Salam (secukupnya)
Tambahkan Teri

Cara memasak gewos makanan khas Wonosobo

sayur gewos wonosobo
nomor dua dari kanan atas itulah sayur gewos khas Wonosobo

Tumis Bawang Brambang salam sampai beraroma harum, selanjutnya silakan dimasukkan kobis alias kol ke dalam tempat masak, aduk sampai warna menjadi hijau segar. silakan di tambahkan garam terasi. aduk sampai matang. siap dihidangkan bagi 4-5 manusia.

Terkait bahan baku kobis jawa, saya bertanya apakah bisa diganti dengan kobis yang lain? Sepertinya disarankan untuk memakai kobis jawa, karena jika di ganti kobis yang lain akan ada perubahan rasa dari sayur tersebut. Terkait bawang brambang disesuaikan dengan selera. Begitu juga daun salam. Untuk teri sepertinya opsional ditambahkan atau tidak. Karena pada saat kami makan di warung sepertinya tidak terdapat teri di dalam sayur gewos yang dijual.

Menikmati jangan gewos dengan meminum kopi, betapa manisnya

wanita wonosobo menikmati kopi
ngopi setelah makan sayur gewos betapa manisnya

Di pagi hari akan sangat enak dan nikmat di wonosobo dengan sarapan gewas di lanjut menikmati segelas kopi. Entah kopi instan maupun kopi asli. Hal ini karena cuaca di Wonosobo terasa dingin dan sejuk. Dengan ngopi menjadikan badan terasa lebih hangat dan nyaman. Apalagi jika anda adalah seorang pengunjung atau penduduk setempat, sepertinya akan merasakan hawa segar di daerah ini.

Selamat mencoba memasak gewos bagi anda yang menginginkannya.

loading...
Gambar Gravatar
contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar