Hari Santri Nasional Indonesia

Posted on

Pontren.com Menimbang bahwa ulama dan santri Pondok Pesantren memiliki peran besar dalam perjuangan merebut Kemerdekaan dari Penjajah Belanda serta mempertahankan NKRI dan juga mengisi kemerdekaan. Seperti diketahui bahwa Indonesia di jajah kurang lebih selama 3,5 Abad. Yang dalam salah satu tujuan penjajahan adalah Gold Glory dan Gospel.

Dan juga untuk mengenang dan meneladani serta melanjutkan peranan ulama dan santri dalam mempertahankan dan membela Negara. Selain itu juga kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.
Menimbang dua hal diatas maka ditetapkanlah hari santri.

loading...

Hari santri Nasional adalah

Hari santri nasional adalah hari untuk memperingati peranan santri dan kyai yang signifikan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajahan bangsa asing, baik Jepang, Belanda maupun Portugis. Hari santri ini bertepatan dengan resolusi Jihad pendiri Nahdlatul Ulama Kyai Haji Hasyim Asy’ary. Dalam resolus ini mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari serangan penjajah.fitri santri manis berjilbab

Kapan Hari Santri Nasional

Seperti tulisan diatas, bahwasanya hari santri bertepatan dengan resolusi Jihad Mbah KH Hasyim pada tanggal 22 Oktober 1945. Melalui Keputusan Presiden yang biasa di sebut Keppres no 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Untuk keppres tentang hari santri bisa download di akhir tulisan.

Hari Santri Nasional apakah Libur?

Merujuk kepada keppres no 22 tahun 2015 juga di cantumkan bahwa, Pertama : Menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri. Kedua : Hari santri bukan merupakan hari libur. Dari penetapan tentang hari santri diatas disebutkan dengan jelas bahwa hari santri bukan merupakan hari libur. Bagi yang berharap hari libur silakan gigit jari.

Harapan di hari santri

Dengan adanya hari santri ini diharapkan santri beserta kyai semakin eksis dan mampu berkecimpung secara jelas dan kongkrit terhadap kehidupan dalam beragama berbangsa dan bernegara. Selain itu juga diharapkan perhatian yang baik kepada para santri maupun kyai dan juga kalangan pondok pesantren. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai pendulang suara dan digunakan sebagai tameng dalam kebijakan tertentu yang menguntungkan pihak pihak khusus.

Hikmah hari santri

Dengan adanya penetapan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri, maka semakin dikenal dan semakin kuat tentang peran serta Kyai dan Santri dalam merebut Kemerdekaan dari penjajah Belanda ataupun Jepang dan Portugis. Selain membela bangsa, juga berguna untuk menjaga keimanan dan keyakinan dari salah satu semboyan penjajah yang berupa Gold Glory Gosepel. Dilain pihak, dengan adanya hari santri, pondok pesantren sedikit di toleh secara kesejahteraan sehingga tidak hanya dimanfaatkan saja dalam bidang politik, akan tetapi selain menjadi lokasi tujuan ketika akan nyapres ataupun pemilu atau pilkada, saat ini sedikit banyak sudah terciprati oleh anggaran.
Download Keppres no 22 tahun 2015 tentang hari santri

loading...
Gambar Gravatar
contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar