Aplikasi isantri Kementerian Agama

Posted on

Tahukah anda bahwasanya saat ini sudah diluncurkan sebuah aplikasi oleh kementerian Agama? Jika anda sudah tau sepertinya anda termasuk sedikit orang yang mengetahuinya. Bahkan di Kalangan Pegawai Kementerian Agama sekalipun saya tidak yakin lebih dari 50% yang mengetahui tentang aplikasi ini.

Apakah aplikasi isantri?

Isantri merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Agama di android yang bisa di unduh atau di download di google play store. Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan perpustakaan digital yang mana bisa di unduh dan dibaca melalui smartphone ataupun laptop dan komputer. Selain berupa perpustakaan digital, aplikasi ini juga dirancang berfungsi seperti media sosial dimana penggunanya bisa berinteraksi, berbagi, bersosialisasi dan juga bertukar pikiran dengan pengguna isantri yang lain seperti berkomentar ataupun kegiatan yang lain.

loading...
aplikasi isantri
antarmuka isantri dan genre buku

Spesifikasi smartphone minimal untuk mengakses aplikasi isantri

Aplikasi ini berjalan menggunakan RIDMI, yaitu Platform media sosial untuk dapat mengakses pustaka digital yang istilah kekiniannya bernama e-Bookstore & e-pustaka.dan juga membangun jaringan sosial ataupun komunitas sesama pembaca pada suatu aplikasi. Supaya RIDMI bisa berjalan dengan baik maka spesifikasi minimum ( minimum required) suatu Hape adalah :

  • Android 4.0 keatas
  • RAM 1 Giga
  • Layar 4 inchi
  • Sedangkan untuk iphone adalah iOS7
  • Apa saja isi isantri?

baca :

Seperti dikatakan diatas bahwa isantri berisi tentang pustaka digital yang mana dalam tulisannya satu pembaca bisa meminjam maksimal 3 buku dengan waktu maksimal 3 hari. Dalam melakukan peminjaman ini diperlukan password ketika anda mendaftarkan akun anda kedalam aplikasi ini. Akan tetapi sebagai suatu pustaka digital, sepertinya masih diperlukan banyak koleksi yang diperlukan oleh aplikasi ini untuk menarik peminat orang orang di kalangan pesantren untuk mengunduhnya. Dari beberapa buku yang saya lihat baru satu yang dibaca lebih dari 100 orang. Sedangkan yang lainnya kisaran dibaca 50 orang.peraturan pinjam isantri

Pendapat saya setelah menginstall aplikasi isantri

Saya pribadi berharap aplikasi ini memiliki koleksi yang banyak sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan para santri dalam membaca. Akan tetapi karena mungkin masih relatif muda (baru beberapa tahun diluncurkan) maka dimaklumi jika koleksi yang bisa di baca masih sangat terbatas. Selain keterbatasan buku bacaan, ternyata peminjam juga dibatasi meminjam 3 buah buku dalam sehari dan diberikan waktu dalam membaca? Saya belum memastikan apa yang terjadi apabila lebih 3 hari meminjam/mengunduh bacaan dari aplikasi ini. Karena yang saya pinjam/unduh adalah tentang keppres yang hanya memiliki 3-4 halaman sehingga tidak butuh waktu lebih dari 1 jam untuk menyelesaikan membaca unduhan ini.

loading...
Gambar Gravatar
contact info : cspontren@yahoo.com

One thought on “Aplikasi isantri Kementerian Agama

  1. loading...

Silakan berkomentar