EMIS TPQ Aplikasi data Kementerian Agama

Posted on

Update terbaru per tanggal 30 Oktober 2017 form Untuk File excel form emis  2017/2018 edisi Final (Katanya). bisa di download pada tulisan bagian bawah.

Guna Keperluan data Kementerian Agama RI di Jakarta, dibuatlah suatu aplikasi online yang ribet njlimet bikin pusing para operator yang mengoperasikannya. Keperluan data aplikasi ini adalah untuk mengetahui jumlah lembaga beserta hal hal yang terkait dengan lembaga tersebut. Selain Keperluan untuk menentukan kebijakan setelah diketahui tentang peta keadaan lembaga, selain itu dipergunakan sebagai data pengajuan anggaran kepada DPR.

loading...

Dalam hal ini EMIS TPQ adalah aplikasi yang di gunakan untuk mendapatkan data secara detil dari suatu lembaga di seluruh Indonesia. Proses dari entry aplikasi adalah dengan cara lembaga mengisi secara lengkap dan benar, INGAT, LENGKAP DAN BENAR!!!. Kenapa harus lengkap dan benar? Untuk diketahui bahwa aplikasi ini hanya bisa menerima data secara benar dan lengkap sesuai dengan aplikasi. Sehingga apabila ada hal yang tidak cocok atau kadang kosong maka lembaga tersebut tidak bisa di back up yang kemudian di upload ke server.

entry data EMIS
mencoba bertahan

EMIS ARTINYA ADALAH

Dari dahulu banyak yang menyebutkan EMAS EMIS EMAS EMIS, dan kadang bagi mereka yang melakukan entry di sebut dengan peng emis. Alias pengemis yang konotasinya adalah peminta minta. Apa sih EMIS? Sebenarnya EMIS merupakan Kependekan dari kata kata bahasa Inggris yaitu Education Managemen Information System. Jika di terjemahkan dari google translate menjadi Sistem Manajemen Informasi Pendidikan.

baca :

Semboyan Data EMIS

Setelah beberapa kali mendengar dan menyimak pelatihan dan pertemuan dalam rangka kegiatan entry data lembaga di bawah kementerian Agama, untuk kegiatan EMIS, frase kata bahasa Inggris yang sering terucap dari orang orang Kemenag Jakarta adalah Garbage In, Garbage out. Para beliau menjabarkan secara panjang lebar yang intinya apabila data yang masuk adalah sampah (tidak beres, asal-asalan dan jauh dari parameter keadaan yang sebenarnya atau bahkan isinya bkank) maka yang akan keluar atau hasil kebijakan berdasarkan data tersebut adalah sampah pula (kebijakan yang tidak pas/kurang tepat). Sehingga di harapkan para operator dituntut untuk mengisi dan upload data emis dengan giat dan benar. Selain kata garbage in garbage out, pernah juga mendengar tentang salah satu nara sumber yang menyebutkan bahwa data ini masih seperti toilet, yang artinya kalo sudah kebelet alias kepepet, kemanapun juga akhirnya akan dicari. Itulah beberapa hal yang sering terdengar dari para pengisi kegiatan dari Jakarta.

Lembaga yang diwajibkan entry Data EMIS

Ada beberapa lembaga pendidikan keagamaan Islam yang secara surat diwajibkan untuk mengisi data EMIS ini. Selain lembaga, terdapat juga perorangan yang diwajibkan untuk mengisi.

Adapun lembaga yang diwajibkan mengisi berada di bawah Naungan Seksi Pendidikan Madrasah, Seksi PD Pontren, dan juga seksi PAIS. Ada juga dari unsur perguruan tinggi?
Secara lembaga yang di bawah PD Pontren, ada 3 lembaga yang diwajibkan untuk melakukan entry data yaitu Pondok Pesantren beserta data santri secara lengkap (Walau pada dataran kenyataan kadang data santri nya memprihatinkan), Madrasah Diniyah Takmiliyah, dan TPQ. Untuk TPQ secara umum hanya data lembaga di sertai dengan banyak kolom tentang jumlah santri dan guru yang di bagi bagi menjadi berbagai macam kolom. Misalnya jenis kelamin, pendidikan, sekolah atau tidak sekolah, kategori miskin, dan masih banyak kolom yang sangat meyakinkan untuk membuat anda perlu bekerja ekstra giat dan cermat serta tidak boleh salah secara aplikasi.

guru TPQ (ilustrasi)
guru TPQ (ilustrasi)

Entry Data EMIS bagi TPQ (dalam bahasa EMIS dinamakan dengan LPQ)

Pada entry data emis bagi TPQ tahun 2017 semester genap, terdapat perbedaan yang luar biasa. ada penambahan form bagi lembaga TPQ, jika pada tahun sebelumnya yang di isikan hanyalah terkait lembaga pendidikan, dalam hal ini mencakup TKQ, TPQ maupun TQA, maka pada semseter genap tahun 2017 ada 3 buah form yang excell yang wajib diisi.

adapun 3 buah form adalah

  1. Form Lembaga
  2. Form data guru (PTK) sebanyak 36 kolom yang harus di isi untuk masing masing guru)
  3. Form biodata santri LPQ (TKQ, TPQ, maupun TQA) dengan jumlah kolom untuk masing masing santri sebanyak 35 kolom

entahlah bagaimana pembuat form dengan pede membikin format ini yang mana pengalaman dalam mendata hanya lembaga saja sudah sangat sulit. apalagi ditambah dengan data by name santri maupun ustadz ustadzah.

Untuk mengetahui dan mengunduh blanko bagi EMIS TPQ yang berupa excell silakan di unduh di Form EMIS Format Excel bagi TPQ

beberapa hari yang lalu (sabtu, 14 Oktober 2017) ada kiriman form revisi data emis. berikut download form emis edisi revisi TPQ LPQ tahun 2017/2018

Selanjutnya, pada tanggal 30 Oktober melalui Prihatin Dwi Susilo (Team EMIS Pusat Jakarta) dibagikanlah form perbaikan terbaru EMIS untuk TPQ. adapun untuk mengunduh form ini silakan mengunduhnya di file blanko EMIS TPQ Terbaru tahun Ajaran 2017/2018

walaupun sudah di revisi dalam hal form, ternyata masih terdapat beberapa error pada form untuk lembaga. error ataupun kegagalan entry serta problem lain dalam entri data lembaga TPQ bisa ditelusuri pada tulisan Error Form EMIS Lembaga TPQ/TPQ

loading...
Gambar Gravatar
contact info : cspontren@yahoo.com

15 thoughts on “EMIS TPQ Aplikasi data Kementerian Agama

  1. loading...
  2. ijin tanya,
    kakak saya pengurus TPQ/LPQ jdi operator EMIS online. tiap ngisi data apapun, baik profil Lembaga, info sarpras, keuangan, Data tenaga pengajar dll selalu hilang.

    misal, login, input data, logout, dan ketika login lagi, semua data hilang lagi. apa itu maksud kalau yg versi online/web masih dalam penyempurnaan?

    1. kalo utk ujian bisa pake upload file dari excell, entah untuk yg madin atau tpq. upload file nya kalau sudh bisa log in di situs emis.akun lembaga bisa log in kalau sudah di approve oleh team emis kabupaten.

  3. itu disebabkan karena format cell pada kolom tersebut berupa text, padahal opsi pilihan berupa angka, jadi setelah diupnprotect, kolom tersebut perlu diubah dulu formatnya menjadi general baru bisa diisi

    1. asli dari jakarta, tp sepertinya belum sempurna, nanti lembaga upload sendiri secara online. tunggu saja kabar terbaru nanti. yg operator kabupaten provinsi juga masih menunggu perkembangan.

Silakan berkomentar