matriks kurikulum taman kanak kanak alquran
gambar ilustrasi santri putri TKQ sedang bermain

FORMAT ADMINISTRASI TPQ LENGKAP DAN CONTOH BUKU

Posted on

pontren.com Guna memajukan Taman Pendidikan Al Qur’an, semestinya dilakukan pengelolaan dan penataan lembaga baik secara kegiatan belajar mengajar maupun dalam tertib administrasi secara kelembagaan. Akan tetapi banyak yang masih mengalami kesulitan dalam melakukan pengadministrasi secara menyeluruh dan tertib.

Kenapa hal ini terjadi?

loading...

Hal yang menyebabkan TPQ Belum Tertib secara administrasi

Ada beberapa faktor yang menjadikan banyak Lembaga TPA yang belum membuat TPQ menjadi tertib secara administrasi. Diantara penyebabnya adalah :

  1. Tidak ada bagian Tata Usaha pada lembaga TPQ yang khusus mengerjakan Tugas bidang administrasi
  2. Kekurangan tenaga pendidik sehingga para ustadz keteteran dalam mengajar yang berdampak kepada terabaikan kegiatan administrasi
  3. TPQ bukan lembaga formal, sehingga menganggap tidak perlu administrasi yang ketat
  4. Kekurangan dana lembaga guna pengadaan administrasi dan membayar petugas administrasi5. Budaya tidak tertib dalam mengadministrasi pada lembaga.
  5. SDM yang belum mumpuni dalam administrasi.
  6. Kurangnya perhatian para tetua (bisa takmir masjid, bisa tokoh agama) dalam mendampingi para pengajar TPQ baik secara moril maupun materiil.

Itulah beberapa hal yang membuat suatu TPQ mengalami pengabaian dalam ketertiban buku administrasi lembaga.Selanjutnya apa yang harus dilakukan?

Langkah yang di ambil dalam rangka peningkatan administrasi dan kualitas lembaga

Menurut saya pribadi, secara umum ada pembagian prioritas dan sekunder dalam menata administrasi guna perkembangan Taman Pendidikan Al Qur’an.

Secara teknis, langkah yang diperlukan guna meningkatkan TPQ secara kualitas administrasi dan KBM yaitu :

  1. Berkoordinasi dengan para sesepuh baik takmir masjid maupun tokoh masyarakat guna mendapatkan dukungan moril dan materiil.
  2. Melakukan inventarisasi siswa, membagi kelompok sesuai dengan kebijakan atau hasil rapat para ustadz.
  3. Membuat raport bagi para santri dan membagikan nya di tiap akhir semester.
  4. Menjadwalkan ujian bagi para santri (kemungkinan waktunya bisa dilakukan setelah para siswa selesai ujian sekolah).
  5. Membuat ijazah surat tanda kelulusan bagi para santri yang sudah lulus dengan standar kompetensi yang sudah ditentukan.
  6. Melengkapi administrasi yang lain secara pelan pelan dan pasti serta berkesinambungan.

Download Buku Administrasi TPA Lengkap

Selanjutnya berikut anda bisa download administrasi TPQ lengkap di bawah ini sesuai dengan kebutuhan lembaga yang dibina. Selain download, juga ada link yang di arahkan menuju ke website yang menerangkan ataupun lokasi unduh yang lain yang sudah di buat sebelumnya.Secara umum. Administrasi TPA seperti dibawah ini

Begitulah kelengkapan administrasi Taman Pendidikan Al Qur’an yang mungkin sangat jarang di miliki dan di laksanakan secara keseluruhan oleh lembaga pendidikan Islam non formal, akan tetapi guna peningkatan kualitas lembaga dan lulusan serta kepercayaan masyarakat kepada pengelola TPQ, ada baiknya dimulai sedikit demi sedikit dalam melengkapi hal yang sepantasnya di miliki oleh lembaga Taman Pendidikan.

Selamat mengelola dan mendidik para santri.

loading...

4 thoughts on “FORMAT ADMINISTRASI TPQ LENGKAP DAN CONTOH BUKU

  1. loading...

Silakan berkomentar