Perbedaan TKQ, TPQ dan MDT

Posted on

Sebagai pengganti pengelola lembaga pendidikan keagamaan non formal, umumnya sudah banyak yang mengetahui istilah taman kanak-kanak Al Qur’an atau biasa disingkat dengan TKA atau TKQ. sedangkan istilah Taman pendidikan Al Qur’an yang sering disebut TPQ ataupun TPA, dan mungkin agak kurang familiar dengan MDT. MDT adalah Madrasah Diniyah Takmiliyah yang menjadi 3 tingkatan yaitu awwaliyah / MDTA, Wustha / MDTW, dan Ulya / MDTU. Persamaan dari lembaga ini adalah sama sama sebagai lembaga pendidikan non formal keagamaan Islam.

Apa saja perbedaan TPQ TKQ dengan Madrasah Diniyah Takmiliyah?

Ada beberapa hal yang menjadikan titik perbedaan pada lembaga ini. adapun beberapa perbedaan untuk klasifikasi suatu lembaga bisa di sebut Tingkat TK atau Taman Pendidikan Al Qur’an ataupun Madrasah Diniyah Takmiliyah. berikut perbedaan yang di dasarkan kepada buku panduan dari Kemenag.

loading...

Berbedaan TKQ TPQ Madin berdasarkan umur santri

Perbedaan dari segi umur yaitu :

  1. Bagi TKQ di peruntukkan bagi anak anak atau santri umur antara 5-7 tahun.
  2. Bagi TPQ bagi murid murid yang memiliki umur rentang 7-12 tahun.
  3. Sedangkan untuk MDT Atau madin, di tingkat awwaliyah untuk siswa dengan umur 8-12 tahun, dan wustha 12-15 tahun, untuk Ulya bagi mereka yang berumur 15-18 tahun.

Perbedaan kurikulum.

Merujuk kepada standar nasional bagi taman pendidikan Al Qur’an dan standarissasi madrasah Diniyah Takmiliyah maka ditemukan perbedaan dalam peruntukan kurikulum bagi TKQ, TPQ, dan MDT.

Kurikulum pada TKA hanya digariskan sasaran yang dicapai santri ketika lulus dari lembaga. Adapun standar yang digunakan kemenag bagi TK Al Qur’an adalah Standar kompetensi lulusan santri taman pendidikan Al Qur’an merupakan standart kualifikasi lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan santri. Dalam standarisasi nasional untuk TK Al Qur’an, ada tujuh (7)  cakupan sebagai standar kompetensi kelulusan santri TKQ yaitu :

  1. kemampuan dasar membaca Al Qur’an dengan baik dan benar,
  2. Hafal 13 surat pendek dengan baik dan benar
  3. Hafal 20 doa harian dengan baik dan benar
  4. Hafal bacaan sholat
  5. Bisa berwudhu dengan benar dan baik.
  6. Bisa melakukan sholat fardhu secara gerakan dan bacaan.
  7. Mengenal dasar keislaman dan bisa melaksanakan secara sederhana di kehidupan sehari hari.
  8. Kemampuan dasar meniru tulisan dan huruf Arab/Hijaiyah.

Perbedaan Standar Kompetensi Lulusan

Pada dataran dalam hal standar kompetensi, ada juga perbedaan pada standar untuk masing masing lembaga berdasarkan buku panduan. walaupun pada kenyataan sepertinya masih banyak yang kesulitan untuk menerapkan standar yang di sampaikan. akan tetapi ada baiknya untuk di ketahui dengan harapan nanti mengarah menuju standar kompetensi yang digariskan.

Standar Kompetensi TPQ

Untuk tingkatan taman pendidikan al Qur’an (TPQ), kurikulum yang berlaku mengacu kepada standar kompetensi lulusan TPQ terdiri dari 9 standar, yaitu :

  1. Memiliki kemampuan membaca al qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah dasar pada ilmu tajwid
  2. menguasai teori ilmu tajwid
  3. hafal dengan baik 22 surat pendek
  4. hafal 27 doa harian dengan fasih dan benar
  5. mampu sholat fardhu dan sunnah secara gerakan dan bacaan secara benar
  6. bisa praktek azan, wudhu, sholat secara benar dan baik
  7. hafal 5 surat pilihan
  8. memiliki kemampuan menulis huruf arab dengan benar dan baik
  9. menguasai dasar agama islam dan bisa mengejawantahkan secara sederhana dalam kehidupan sehari hari.

Standar Kompetensi untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah

buku standar nasional TPQ

sedangkan kurikulum madrasah diniyah takmiliyah mempunyai kurikulum dan minimum 18 jam pelajaran dalam seminggu. adapun pelajaran yang ada di madrasah diniyah takmiliyah (MDT) yaitu :

  1. Al Qur’an
  2. Hadis
  3. Aqidah
  4. Ahlak
  5. Fiqh
  6. Bahasa Arab
  7. ditambah dengan muatan lokal bisa arab pegon, imla’ dan pelajaran lain sesuai khas daerah masing masing

sedangkan kompetensi untuk madrasah diniyah takmiliyah lebih dijabarkan kepada pemaparan umum bukan dalam satuan penguasaan pelajaran tertentu. seperti Karakter seorang muslim, beriman dan bertaqwa, sikap sebagai warga negara indonesia yang baik, berkepribadian, baik, percaya diri serta sehat jasmani dan rohani dan juga Memiliki pengalaman, pengetahuan, ketrampilan beribadah dan sifat-sifat terpuji yang berguna bagi pengembangan diri dan masyarat.

Persamaan antara TKQ TPQ dan Madrasah Diniyah

sama sama menjadi ladang mencari bekal di akherat dan mendidik anak-anak sebagai generasi yang berbudi mulia dan tidak mengabaikan hablun minallah. serta menjadi manusia yang bertanggung jawab dalam berbangsa dan bernegara.

loading...

Silakan berkomentar