Pondok Pesantren untuk Anak ABK

Pada saat ini sudah banyak sekolah SLB (sekolah Luar Biasa) untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dengan adanya sekolah khusus menjadikan lebih tertangani dengan lebih baik oleh mereka yang berkompeten. Akan tetapi saat ini masih sangat sedikit pondok pesantren yang bergerak khusus dalam menyelenggarakan pendidikan luar biasa bagi para penyandang tuna wicara, tuna netra, tuna daksa, tuna grahita maupun penyandang kebutuhan khusus yang lainnya, seperti autis maupun down syndrome. Tidak semuanya mengkhususkan diri dalam program anak ABK, ada juga yang berdampingan dengan santri reguler.

Setelah browsing lama dan mencari tentang informasi pondok pesantren yang menyediakan pelayanan pendidikan bagi anak penyandang buta, tuli ataupun yang lainnya akhirnya ditemukan beberapa ponpes yang melayani kebutuhan khusus ini.

  1. Ponpes al-achsaniyyah kudus. terletak di Kabupaten Kudus tepatnya di desa Pedawang Kecamatan Bae. pada tahun 2016 disebutkan bahwa pondok ini mempunyai santri dengan autis dan down syndrome sebanyak 80 orang dan mempunyai tenaga sebanyak 55 orang.
  2. Ponpes Al-Mustaqimiyyah Cianjur. Beralamat di Jalan Gatot Mangkupraja Gang Bidan Desa Nagrak. telp 08211341207. Pondok ini menerima tuna grahita dan tuna daksa. pelajaran yang diberikan untuk tuna grahita meliputi iqro, praktek sunnah nabi (adab makan, minum, dan kegiatan perbuatan sehari-hari yang diambilkan dari hadis nabi), diberikan juga pendidikan ketrampilan juga kegiatan olahraga dan juga ada terapi alternatif.. untuk tuna daksa pendidikan yang diberikan seperti Tajwid, nahwu sharaf (program tamyiz), juga adab sehari hari berdasarkan hadis dan juga terapi alternatif.
  3. Raudlatul Makfufin Banten. Jalan Raya Puspitek Gang Rais nomora 10A RT 002 RW 05 Kecamatan Serpong Tangerang Selatan. khusus bergerak untuk santri tuna netra . dalam pendidikannya disediakan Qur’an Huruf BrailleKertamukti Pisangan Ciputat. mengkhususkan pondok pesantren untuk santri tuna netra. Selain penekanan dalam al Qur’an juga mengajarkan pendidikan fiqh, dan pelajaran lain dengan kitab yang bisa digunakan (kitab braille). disediakan juga paket A paket B dan paket C guna mengakomodasi kebutuhan ijazah bagi para santri.
  4. Ponpes Dar al-Tauhid Cirebon. terletak di Jalan Kali Biru Timur / Jalan KH Syathori no 10 – 12 Arjawinangun Cirebon. Telfon 0231357163, 367281, 357212. ada untuk pendidikan sub A Tuna Netra dan sub B ( tuna rungu ). ada yang santri mukim maupun santri kalong yang tidak tidur di pondok pesantren.

Sementara daftar yang ada baru seperti yang tertulis. semoga ada yang bisa memberikan info untuk menambah wawasan dalam pondok pesantren khusus ABK.

baca : Beasiswa bagi santri pondok pesantren di Perguruan tinggi Favorit

baca : Persiapan menyekolahkan anak ke Pondok Pesantren

baca : Kalau aku lebih cantik ……

 

38 pemikiran pada “Pondok Pesantren untuk Anak ABK

  1. Adakah asrama untuk anak Autis mohon alamat lengkapanya untuk daerah Banyumas
    Terimakasih

    1. untuk daerah banyumas kami belum pernah mendengar asrama semacam yang anda tanyakan. kalau nanti ada informasi, Insyaallah akan kami tuliskan di blog ini

  2. adakah ponpes untuk anak autis mohon alamat lengkap nya utk daerah jawa timur. terima kasih

  3. Hati hati dengan pondok abk yang berada di kajeksan 63 kudus jawa tengah, karena kiyainya yg bernama zaenal mustofa (totok) telah membawa kabur anak orang dan sekarang orangnya melarikan diri dengan rudysmara mayalaksni. Hati hati sekali sudah banyak korban yang di tipu oleh zaenal mustofa.zaenal mustofa sendiri menggunakan agama sebagai kedok semata, aslinya itu penipu, pezina dan tukang fitnah.

    1. terkait biaya, bisa kontak langsung dengan pengasuh pondok pesantren tersebut. kalau reputasi, saat ini saya belum tau informasi ada pesantren yang lebih baik.

  4. Assalamu’alaikum…..mau nanyak ustad,,,dimana ponpes sekalian sekolah untuk anak cacat fisik, tanganya tdk bs berfungsi satu,,,dan ada khafidznya…..mohon infonya mksh

    1. maaf, saat ini kami belum mendapatkan pondok pesantren yang mengkhususkan diri pada bidang santri yang speech delay ataupun slow learn. yang adayaitu untuk anak down syndrome sebagaimana tulisan pada artikel diatas.

  5. Adakah pondok pesantren buat anak yg tidak bisa bicara daerah jakarta atau jawa tengah..terimakasih

  6. Ponpes Al-Mustaqimiyyah Cianjur. Beralamat di Jalan Gatot Mangkupraja Gang Bidan Desa Nagrak. telp 08211341207. ternyata setelah ditelusuri/ dicari tidak ada (hoax) dan tidak bisa dihubungi lewat telephone.

    1. informasi itu saya dapatkan beberapa tahun yang lalu. dari berbagai sumber. bisa sekaligus sebagai koreksi informasi. terima kasih atas pemberitahuan dari anda. thank you.

    1. waduh, maaf saya kurang paham detilnya ada atau tidak, mungkin ada kawan yang bisa menginformasikan pertanyaan saudari Siti Nurhayati, silakan berbagi info.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *