SKTM Pengasuh Pondok Pesantren

Posted on

Salah satu syarat pengajuan penerima manfaat dari Program Indonesia Pintar adalah

Surat Keterangan Pimpinan Pondok Pesantren (Form: FUP-2), bagi santri yang tidak memiliki SKRTM dari Pemerintah  Desa  asal orang tua santri.

loading...

Salah satu syarat dalam mendapatkan dana dari Program Indonesia Pintar yang biasa di sebut dengan PIP adalah mempunyai salah satu surat dari beberapa keterangan dibawah ini yaitu :

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Tanda Peserta Program Keluarga Harapan (PKH)

Surat Keterangan Rumah Tangga Miskin dari desa (SKRTM)

dan khusus bagi PIP pondok pesantren bisa dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari pimpinan pondok pesantren. Dalam hal pembuatan surat keterangan tidak mampu, telah dibuatkan contoh format dari juknis PIP pada tahun 2016, akan tetapi pada juknis tahun selanjutnya yaitu juknis PIP tahun 2017 oleh Kementerian agama, tidak dicantumkan contoh SKTM. Sehingga hal yang paling logis dilakukan adalah membuat Surat Keterangan Tidak Mampu mengacu kepada contoh dari tahun 2016.

sktm pimpinan pondok pesantren

Bagaimana Kriteria tidak mampu santri untuk mendapatkan SKTM dari pimpinan pondok pesantren? tidak diberikan batasan yang jelas dalam juknis perihal siapa saja atau kondisi yang bagaimana bagi santri yang layak menerima SKTM dari pimpinan pondok pesantren. Walaupun tidak ada batasan yang jelas, semestinya pimpinan pondok pesantren berlaku bijak dalam menentukan mana yang layak diberikan dan mana yang sekiranya kurang pantas dianggap tidak mampu. didasarkan pada asas kepantasan yang dirasa berkeadilan.

Adalah menjadi rancu ketika ada santri yang orang tuanya memiliki kendaraan berupa mobil baru kemudian diberikan surat keterangan tidak mampu dalam rangka untuk mendapatkan dana dari Program Indonesia pintar.

berikut contoh SKTM Pimpinan Pondok Pesantren

download contoh surat keterangan tidak mampu dari pimpinan pondok

loading...

Silakan berkomentar