Kekuatan hukum ijazah PPS Wajar Dikdas

Posted on

Setelah lulus dari UNPK maka santri wajar dikdas ula ataupun wustha akan mendapatkan STTB. Dalam hal ini peraturan menyebutkan bahwa kekuatan Ijazah PPS Wajar dikdas mempunyai kekuatan hukum yang diakui setara dengan lembaga yang dikeluarkan lembaga pendidikan jalur sekolah, sehingga bisa digunakan untuk mendaftarkan ke sekolah jenjang lebih tinggi dan bahkan untuk mendaftarkan sebagai pegawai negeri. Berikut detail tentang penjelasan Surat Tanda Tamat Belajar bagi Pondok Pesantren Salafiyah Wajib Belajar Pendidikan Dasar (PPS Wajar Dikdas)santri PPS Wajar Dikdas (ilustrasi)

Baca : 

loading...
  1. Surat Tanda Tamat Belajar dikeluarkan oleh Pondok Pesantren Salafiyah penyelenggara program wajib belajar pendidikan dasar, diakui sebagai STTB yang setara dengan yang dikeluarkan lembaga pendidikan jalur sekolah.
  2. Pada STTB tersebut harus dicantumkan nomor Surat Kesepakatan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama tentang Pondok Pesantren Salafiyah Sebagai Pola Wajib Belajar Pendidikan Dasar, dan nomor penetapan Pondok Pesantren Salafiyah sebagai penyelenggara program wajib belajar pendidikan dasar yang dikeluarkan Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota.
  3. Bentuk STTB akan diatur kemudian dengan Keputusan Bersama Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama dan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
  4. Daftar nilai murni hasil ujian pada mata pelajaran utpum dikeluarkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, melalui Tim Pelaksàna Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Pondok Pesantren Salafiyah yang dibentuk dan ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi.
  5. Pengeluaran STTB Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar pada Pondok Pesantren Salafiyah, tidak mempengaruhi kebijakan pengeluaran Ijazah/Syahadah yang sudah berlaku di Pondok Pesantren Salafiyah yang bersangkutan.
  6. Pemegang Ijazah STTB pondok pesantren penyelenggara program wajib belajar pendidikan dasar mempunyai hak yang sama dengan pemegang ijazah/STTB sekolah umum yang setara, baik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maupun untuk mendapatkan pekerjaan.
kekuatan hukum ijazah wajardikdas
santri wajardikdas (ilustrasi)

dari keterangan tentang kekuatan hukum ijazah wajardikdas dan kesempatan melanjutkan pendidikan serta mendapatkan pekerjaan maka dapat disimpulkan bahwa pemegang ijazah ini mempunyai hak dan kesempatan yang sama dengan pemilik ijazah yang lain semisal ijazah SD maupun SMP atau MI dan MTs.

dengan informasi yang gamblang diharapkan para santri maupun wali murid tidak ada keraguan ihwal legalitas ijazah yang dikeluarkan oleh pondok pesantren penyelenggara salafiyah penyelenggara program wajib belajar pendidikan dasar (PPS Wajardikdas) karena sudah memiliki payung hukum yang kuat dan jelas serta diakui ijazahnya oleh negara.

untuk informasi lebih lanjut dan detil anda bisa menuju ke seksi PAKIS atau PD Pontren Kabupaten setempat berkaitan dengan informasi ijazah, legalitas pendidikan dan yang diperlukan berkait dengan PPS Wajardikdas.

loading...

Silakan berkomentar